Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia (Survei pada SMP Negeri di Kabupaten Bogor)
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan teknik regresi ganda. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan disiplin dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,001 < 0,05 dan Fh = 7,659. Sementara itu, persamaan garis regresi ganda dapat dinyatakan dengan = 39,498 + 0,173 X1 + 0,298. Hal ini memiliki pengertian bahwa variabel disiplin dan motivasi belajar memberikan kontribusi positif terhadap variabel prestasi belajar Bahasa Indonesia. secara bersama-sama variable disiplin siswa dan motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 17 % terhadap variable prestasi belajar Bahasa Indonesia. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan disiplin terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,048 < 0,05 dan th = 2.007. variabel disiplin memberikan kontribusi sebesar 5,28 % terhadap peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,003 < 0,05 dan th = 3.116. variabel motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 11,7 % terhadap peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia.
Kata Kunci: Disiplin, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi, H. (2009). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Malayu, S.P. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Moenir, A.S. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Poerwadarminta, W.J.S. (2002). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Slameto (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka. Cipta.
Setiawati, N.T. (1996). Hubungan antara Intelegensi, Kreativitas, dan Motivasi Berprestasi dengan prestasi belajar pada Siswa SMUN 8 Jakarta. Skripsi tidak dipublikasikan.
Soekadji, S. (1988). Ceramah Psikologi Remaja: Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Depdikbud RI.
Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif R dan D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v2i01.6663
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|