Berbagai Aspek Firasat dalam Cerpen Firasat Karya Dewi Lestari: Sebuah Kajian Paratekstual

Ferdiana Ferdiana(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengungkapkan berbagai aspek firasat dalam cerpen ”Firasat” karya Dewi Lestari, 2) Mengungkapkan berbagai hal menyangkut firasat dalam cerpen “Firasat” karya Dewi Lestari 3) Mengungkapkan parateks yang mengiringi firasat dalam cerpen “Firasat” karya Dewi Lestari. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis semiotika dan kajian paratekstual terhadap lirik lagu dan cerpen “Firasat” karya Dewi Lestari. Sumber data penelitian adalah kumpulan cerpen Rectoverso berjudul “Firasat” karya Dewi Lestari yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2008 dan terbitan ketujuh pada tahun 2014 dengan tebal 170 halaman dengan penerbit PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka dan analisis data dilakukan dengan tehnik deskriptif, analisis di mana peneliti menguraikan sambil menganalisis. Hasil penelitian menyimpulkan : 1) Terdapat temuan aspek firasat dalam alur, 2) Terdapat hal yang menyangkut lirik lagu dan cerpen “Firasat”  3) Adanya parateks yang mengiringi cerpen “Firasat”.Kata Kunci: aspek firasat, cerpen

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bressler (1999). Literary Criticism. United State of America; Prentice-Hall International. UK, London

Dee. (2014), Rectoverso. Yogyakarta: Bentang Pustaka

Moleong, L.J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Teeuw, A. (1982). Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wellek, R. & Warren, A. (1995). Teori Kesusastraan. Diindonesiakan oleh Melani Budianta. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wellek, R. & Warren, A. (2014). Teori Kesusastraan. Diindonesiakan oleh Melani Budianta. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v2i01.6659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats