Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Siswa terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek

Lisna Ningrum(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Nurdin Nurdin(3)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis mengenai: 1)Pengaruh metode   pembelajaran terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Sukabumi. 2)Pengaruh minat belajar  terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Sukabumi. 3)Pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan minat belajar terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Sukabumi.  Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 56 siswa, yang dilakukan dengan teknik sampling cluster random sampling. Dari hasil analisis menunjukan adanya pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap keterampilan menulis cerita pendek dengan nilai sig = 0,021 < 0,05  Fhitung 5,662 dan terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar siswa terhadap keterampilan menulis cerita pendek dengan nilai sig 0,001 < 0,05  Fhitung  13,457 serta terdapat pengaruh yang tidak signifikan interaksi metode pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap keterampilan menulis cerita pendek dengan nilai sig 0,921 > 0,05 Fhitung 0,010.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Minat Belajar, Keterampilan Menulis Cerita Pendek.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik .Jakarta: Rineka Cipta.

De Porter, B., & Mike, H. (2007). Quantum learning membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan, Penerjemah Alwiah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.

Poerwadarminta, W. J. S. (2004). Kamus umum bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Riduwan, M. B. A. (2007). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sayuti, S. A. (2009). Modul menulis fiksi. Yogyakarta: PBSI FBS UNY.

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.5989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats