Pengaruh Persepsi atas Media Pembelajaran dan Minat Baca terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial

Imas Kusmiati(1*), Nurdin Nurdin(2), Masrin Masrin(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan minat baca terhadap kemampuan menulis teks editorial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan analisis regresi ganda. Sampel penelitian berjumlah 75 orang. Hasil penelitian ini menggambarkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran dan minat baca terhadap kemampuan menulis teks editorial siswa SMA Negeri di Kabupaten Sukabumi. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap kemampuan menulis teks editorial siswa. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan menulis teks editorial.

 

Kata kunci: media pembelajaran, minat baca , teks editorial


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akhadiah, S. (2006). Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arsyad, A. (2006). Media pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hasibuan, M. (2009). Organisasi dan motivasi dasar peningkatan produktivitas. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Kamah, I. (2005). Pedoman Pembinaan Minat baca. Jakarta. Jakarta: Perpustakaan RI.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Daring). Diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/mampu

Kosasih, E. (2018). Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII kelompok wajib jilid 3 kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.

Kosasih, E. (2019). 22 jenis teks dan strategi pembelajarannya di SMA-MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Musfiqon, H. M. (2012). Pengembangan media & sumber pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Nurgiantoro, B. (1995). Penilaian dalam bahasa dan sastra edisi kedua. Yogyakarta: BPFE.

Rahim, F. (2008). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rakhmat, J. (2003). Psikologi komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusyana, Y. (1984). Bahasa dan sastra dalam gamitan pendidikan. Bandung: Diponegoro.

Semi, A. (2007). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Angkasa.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Winardi. (2007). Motivasi dan pemotivasian dalam manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.5985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats