Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Menulis Puisi

Meria Sri Dewi Priatna(1*)

(1) Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh model pembelajaran kontekstual dan minat belajar terhadap kemampuan menulis puisi. Penelitian mempergunakan design two group, pretest, posttest design, dengan populasi siswa SMP Negeri di kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, dan melalui teknik eksperimen, diperoleh sampel sebesar 80 orang. Penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS 20.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran kontekstual dan minat belajar berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi.
Kata Kunci: kemampuan menulis puisi, model pembelajaran kontekstual, minat belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abidin, Y. (2009). Kemampuan menulis dan berbicara akademik. Bandung: Risqi Press.

Ardiana, L. I. (2001). Pembelajaran kontekstual.

Jabrohim, Anwar, & Sayuti. (2009). Cara menulis kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartika, L. M. (2014). Pembelajaran keterampilan menulis di kelas VIII SMP Negeri 1 Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta.

Musaljon. (2019). Pengaruh persepsi atas metode pembelajaran kontekstual dan media pembelajaran terhadap kemampuan mengarang narasi siswa Smk Putra Bangsa Kota Depok. INA-Rxiv. April. Retrieved from https://osf.io/d7h6y/download/?format=pdf.

Pradopo, R. D. (2000). Pengkajian puisi: Analisis strata norma dan analisis struktural dan semiotik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sanjaya, W. (2008). Pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta: Kencana.

Sari, N. (2017). Kekerasan perempuan dalam novel Bak Rambut Dibelah Tujuh karya Muhammad Makhdlori. LITERASI, 1(2), 41–48. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/view/792

Subyantoro. (2004). Materi pelatihan terintegrasi bahasa Indonesia (Pengembangan materi media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia). Jakarta: Depdiknas.

Tarigan, H. G. (1994). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats