Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek

Marinan Marinan(1*)

(1) Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh kemampuan membaca pemahaman dan minat belajar terhadap Kemampuan Menulis cerita pendek. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif yaitu suatu metoda penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 4 kelas dari 2 sekolah yaitu SMP PGRI 338 dan MTs Daarussalam Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan membaca pemahaman dan minat belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa SMP Swasta Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,005 < 0,05 dan Fhitung = 5,744 Secara bersama-sama variabel kemampuan membaca pemahaman dan minat belajar memberikan kontribusi sebesar 13% terhadap variabel kemampuan menulis cerita pendek. (2) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa SMP Swasta Kabupaten Tangerang.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,010 < 0,05 dan thitung = 2,645. Kontribusi yang diberikan variabel membaca pemahaman terhadap kemampuan menulis cerita pendek sebesar 7,24 %. (3) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa SMP Swasta Kabupaten Tangerang.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,019 < 0,05 dan thitung = 2,387.  Variabel minat belajar ini memberikan kontribusi kepada peningkatkan kemampuan menulis cerita pendek siswa sebesar 5,74%.
Kata Kunci: membaca pemahaman siswa, minat belajar, dan menulis cerita pendek

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adkon, & Ridwan. (2009). Rumus dan data dalam analisis statistik untuk penelitian (Cetakan 3). Bandung: Alfabeta.

Ahuja, P., & Ahuja, G. C. (2010). Membaca Secara Efektif dan Efisien. In Bandung: Kiblat Buku Utama. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Amir, & Slamet, Y. (1996). Peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia (Bahasa lisan dan bahasa tertulis). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

D’Angelo, F. J. (1980). Process and thought in composition. Massa-Chusetts: Winthrop Publisher. Inc.

Departemen Pendidikan Indonesia. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

DePorter, B., & Hernacki, M. (2001). Quantum learning. Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Eneste, P. (2009). Buku pintar penyuntingan naskah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gagne, E. D. (1985). The cognitive psychology of school learning. Boston: Little, Brown and Company.

Kingsley, L., Howard, & Garry, R. (1957). The nature and condition of learning. N.J. Practice Hall, Inc, Engliwood Clifts.

Mahud, D. (1982). Psikologi pendidikan: Suatu pendekatan (Jilid II). Yogyakarta: Rake Press.

Pemar, H. (2001). Proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Semi, M. A. (2007). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (1986). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats