Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Johan Syah(1*)

(1) Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar bahasa indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei deskriptif dengan mengambil sampel sebanyak 64 siswa kelas VIII tahun ajaran 2017/2018 yang berasal dari dua MTs Negeri Kabupaten Indramayu. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa MTs Negeri Kabupaten Indramayu Hal ini dibuktikandenganperolehan nilaiSig.0,000 <0,05danFhitung= 11.745. Variabel status sosial ekonomi dan perhatian orang tua ini secara bersama-sama memberikan kontribusikepadavariabelprestasi belajar bahasa Indonesia sebesar28%. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi terhadapprestasi belajar bahasa Indonesia siswa MTs Negeri Kabupaten Indramayu. Halinidibuktikan dengan perolehannilaiSig.0,032<0,05dan thitung = 2,198. Kontribusi variabel status sosial ekonomi dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesiasebesar 12,2%. 3) Terdapat  pengaruhyang  signifikan perhatian orang tua terhadapprestasi belajar bahasa Indonesia  siswa MTs Negeri Kabupaten Indramayu. Halini dibuktikan dengan perolehan nilaiSig.0,010 <0,05dan thitung=2,650. kontribusiperhatian orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia sebesar 15,7%.
 
Kata Kunci: status social ekonomi orang tua, perhatian orangtua, prestasi belajar bahasa Indonesia

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akdon, & Ridwan. (2006). Aplikasi statistika dan metode penelitian untuk administrasi dan manajemen. Bandung: Dewa Ruci.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Baharuddin, & Esa, N. . (2009). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Chatib, M. (2012). Orang tuanya manusia. Jakarta: Kaifa.

Desmita. (2012). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nasution. (2006). Pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Presiden Republik Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. , (1974).

Purwanto, N. (2002). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Riana. (2011). Kedudukan keluarga sangat startegis dalam mendidik anakanaknya. Bandung: CV Pustaka Setia.

Santoso, B. (2010). Korelasi antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas V SDN Gembongan Sentolo Kulon Progo tahun 2010. UNY.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-aktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekamto, T., & Winataputra, U. S. (1997). Teori belajar dan model-model pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti, Depdikbud.

Suryabrata, S. (2007). Psikologi pendidikan (Suatu pengajaran secara operasional. Yogyakarta: Rake Press.

Walgito, B. (1990). Psikologi sosial. Yogyakarta: Andi.

Winkel, W. S. (1991). Psikologi pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Winkel, W. S. (2011). Kedudukan Keluarga Sangat Startegis dalam mendidik anak-anaknya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats