Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Jaka Sunarya(1*)

(1) Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Status social-ekonomi orang tua dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri di Jakarta Utara dengan jumlah populasi sebanyak 598 dari siswa kelas VIII MTs Negeri 5 dan MTs Negeri 39 Jakarta Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan status social-ekonomi orang tua dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa MTs Negeri Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung= 50,900. Secara bersama-sama variabel status social-ekonomi orang tua dan lingkungan belajar memberikan kontribusi sebesar 64,1% kepada variable prestasi belajar bahasa Indonesia. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan status socialekonomi orang tua terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa MTs Negeri Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.0,000 <0,05 dan thitung = 4,632. Kontribusi yang diberikan variabel status social-ekonomi orang tua kepada variabel prestasi belajar bahasa Indonesia sebesar 26,15%. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa MTs Negeri Jakarta utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.0,000 < 0,05 dan thitung= 6,050. Kontribuai yang diberikan varialbel lingkunagn belajar kepada variabel prestasi belajar bahasa Indonesia sebesar 37,9%
Kata Kunci: status sosial-ekonomi orang tua, lingkungan belajar, prestasi belajar bahasa Indonesi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. (2007). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, N. (2002). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Riduwan. (2009). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A. M. (2005). Interaksi dan motivasi dalam belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhardjo, C. M. K. (2003). Berbagi cara pendidikan gizi. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryabrata, S. (2007). Psikologi pendidikan (Suatu pengajaran secara operasional. Yogyakarta: Rake Press.

Syah, M. (2017). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats