Pengaruh Minat Baca dan Persepsi Atas Perpustakaan Sekolah terhadap Keterampilan Menulis Narasi

Hartinah Hartinah(1*), Suparman Ibrahim Abdullah(2)

(1) Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Hal ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh minat membaca dan persepsi perpustakaan sekolah secara simultan dan parsial terhadap kemampuan menulis narasi, terutama siswa SMP di Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu dengan menghubungkan data yang menunjukkan minat membaca dan persepsi perpustakaan sekolah dengan data yang menunjukkan kemampuan menulis siswa dalam narasi. Data tentang variabel minat baca dan persepsi perpustakaan sekolah diperoleh melalui koesioner. Data tentang kemampuan menulis narasi diperoleh melalui tes langsung dengan meminta responden untuk membuat tulisan/ esai berbentuk tema. Dari hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan minat baca dan persepsi perpustakaan sekolah terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di daerah Tangerang Selatan, ini terbukti dengan Sig = 0,000 <0,05 dan Fcount = 47,293; (2) ada pengaruh minat membaca yang signifikan terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di wilayah Tangerang Selatan, hal ini dibuktikan oleh Sig = 0,000 <0,05 dan thitung = 4,898; dan (3) ada pengaruh signifikan persepsi perpustakaan sekolah terhadap kemampuan menulis SMP Negeri di Kota Tangerang Selatan, hal ini dibuktikan oleh Sig = 0,000 <0,05 dan tcount = 4,532.
Kata Kunci: minat baca, persepsi atas perpustakaan sekolah, keterampilan menulis narasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmadi, A. (2003). Psikologi belajar (Cetakan ke). Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Darmono. (2007). Perpustakaan sekolah: Pendekatan suatu aspek manajemen dan tata kerja. Jakarta: Gramedia Widiasmara Indonesia.

Djuherli, & Suherli. (2001). Telaah wacana: Teori dan penerapannya. Depok: Komodo Books.

Dryden, G., & Vos, J. (2004). Revolusi cara belajar. Bandung: Kaifa.

Dunnette, G. (2001). History of educational thought. New York: American Book Company.

Farris, H. (2005). Active learning, 101 cara belajar siswa aktif. Bandung: Nusamedia.

Hernowo. (2002). Memupuk bakat dan kreativitas siswa sekolah menengah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Iverson, T. (2001). Learning principles and application. Singapore: Mc Grow Hill.

Keraf, G. (2007). Komposisi sebuah pengantar kemahiran berbahasa. Flores: Nusa Indah.

Kosasih, E. (2008). Kumpulan istilah dan apresiasi sastra bahasa Indonesia. Surabaya.

Pranoto, J. (2004). Menulis efektif. Bandung: Angkasa Raya.

Rusyana. (2008). Keterampilan dasar menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soetminah. (1997). Perpustakaan kepustaka-wanan dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius.

Suhendar. (2002). Panduan efektif belajar menulis. Bandung: Angkasa.

Sutjipto. (2001). Pengembangan sistem evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani.

Tampubolon, H. (2003). Strategi pengajaran bahasa dan sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Umar, H. (2002). Evaluasi kinerja perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yusuf, P. M., & Suhendar, Y. (2007). Pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats