Pengaruh Minat Baca dan Pemahaman Unsur Intrinsik terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa

Desi Yanuar(1*)

(1) Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh Minat Baca dan Pemahaman Unsur Intrinsik terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi: 1) Pengaruh minat baca dan pemahaman unsur intrinsik terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta di Pandeglang Banten. 2) Pengaruh minat baca terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta di Pandeglang Banten. 3) Pengaruh pemahaman unsur intrinsik terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta di Pandeglang Banten. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis menggunakan statistik kemudian diinterpretasikan dengan analisis deskriptif. Populasi adalah siswa kelas XI SMA Swasta di Pandeglang Banten dengan besar sampel sebanyak 60 siswa, menggunakan teknik sampel acak sederhana. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen minat baca sebanyak 38 pernyataan yang telah diuji validitasnya dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis Statistik Deskriptif dengan penyajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan diagram batang.
Kata Kunci: Minat Baca, Pemahaman Unsur Intrinsik, dan Kemampuan Menulis Cerpen

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryono. (2009). Pengembangan minat baca masyarakat. Retrieved April 20, 2018, from staff.uns.ac.id website: http://daryono.staff.uns.ac.id/2009/06/01/ pengembangan-minat-baca-masyarakat/

Departemen Pendidikan Indonesia. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Har, A. (2011). Yuk menulis diary, puisi, dan cerita fiksi. Yogyakarta: Gmedia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. , Pub. L. No. 19 (2005).

Pintrich, P. R., & Schunk, D. H. (2002). Motivation in education?: Theory, research, and applications-2nd (Upper Sadd). New Jersey: Merril Prentice Hall.

Sudrajat. (2011). Kemampuan pribadi.

Sukmadinata. (2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Rosda.

Suryaman, M. (2009). Panduan pendidik dalam pembelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs. In Pusat Perbukuan De-partemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Perbukuan De-partemen Pendidikan Nasional.

Syarif, E., Zulkamaini, & Sumarno. (2009). Pembelajaran menulis. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa.

Tampubolon. (1991). Mengembangkan minat dan kebiasaan membaca. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (1985). Pengajaran kosakata. Bandung: Angkasa.

Zuchdi, D. (2008). Strategi meningkatkan kemampuan membaca peningkatan komprehensif. Yogyakarta: UNY Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats