Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Penguasaan Diksi terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek

Homsaniwati Homsaniwati(1*)

(1) Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian survei ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris pengaruh kecerdasan interpersonal dan penguasaan diksi secara bersama-sama/parsial terhadap kemampuan menulis cerita pendek. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa kelas XI pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kec. Gambir, Jakarta Pusat, sebanyak 60 responden. Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan melalui teknik korelasi dengan tiga variabel yang terdiri atas dua variabel bebas, yaitu kecerdasan interpersonal dan penguasaan diksi serta satu variabel terikat, yaitu kemampuan menulis cerita pendek. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner serta tes obyektif dan tertulis untuk semua variabel. Data yang terkumpul selanjutnya menggunakan teknik korelasi dan regresi linier berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan interpersonal dan penguasaan diksi baik secara bersama-sama maupun secara tersendiri terhadap kemampuan menulis cerita pendek.Kata Kunci: kecerdasan interpersonal, diksi, menulis, cerita pendek

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akhadiah, S., Arsjad, M. G., & Ridwan, S. H. (1988). Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arifin, E. Z., & Tasai, S. A. (2009). Cermat berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Pressindo.

Keraf, G. (2008). Diksi dan gaya bahasa (Cet. XVIII). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih, E. (20113). Cerdas berbahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Erlangga.

Lwin, A. K., Lyen, K., & Sim, C. (2008). Cara mengembangkan berbagai komponen kecerdasan (C. Sujana, ed.). Yogyakarta: Indeks.

Nurgiantoro, B. (2002). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prawira, P. A. (2012). Psikologi pendidikan: Dalam perspektif baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Safaria, T. (2005). Interpersonal intelligence: Metode pengembangan kecerdasan anak. Yogyakarta: Amara Books.

Sayuti, S. (2000). Kajian fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Sugihastuti, S. (2002). Kritik sastra feminis: Teori dan aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2013). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumardjo, J., & Saini, K. M. (1997). Apresiasi kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suparno, P. (2004). Teory intelligensi ganda dan aplikasinya di sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Tarigan, H. G. (1991). Prinsip-prinsip dasar sastra. Bandung: Angkasa.

Wardiana, U. (2004). Psikologi umum. Jakarta: Pusat Bina Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.4398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats