Pengaruh Model Pembelajaran dan Kecerdasan Intelektual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Baku

Sarce Sarah(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh Model Pembelajaran dan Kecerdasan Intelektual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Baku Siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi adalah siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Karawang dengan sampel sebanyak 74 siswa, dengan teknik random proporsional. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar Bahasa Indonesia bentuk pilihan ganda  dengan option sebanyak 45 soal yang telah diuji homogenitasnya dengan besar sig. 0,282 > 0,05 dan F 1.324. Analisis data menggunakan analysis of varians (ANOVA) dua jalur/arah. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh  yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa indonesia baku siswa, hal tersebut dibuktikan dengan  sig = 0,001; sig < 0,05  dan Fhitung = 13,782. 2) Terdapat pengaruh  yang signifikan kecerdasan intelektual hasil belajar bahasa indonesia baku siswa, hal tersebut dibuktikan dengan sig = 0,001; sig < 0,05 dan Fhitung23,602. 3)Tidak terdapat pengaruh interaksi  model pembelajaran dan kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar bahasa indonesia baku siswa, hal ini terbukti dengan hasil  tabel uji interaksi diperoleh sig = 0,617; sig > 0,05 dan  Fhitung = 0,254. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia baku di tingkat SMA. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kecerdasan Intelektual, Hasil Belajar Bahasa Indonesia Baku

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Lie, A. (2014). Cooperative learning, mempraktikan cooperative learning di ruangruang kelas. Jakarta: Grasindo.

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin, R. E. (2011). Psikologi pendidikan teori dan praktik. Jakarta: PT Indeks.

Sudjana,N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar:cetakan XV, Bandung:PT. Ramaja Rosdakarya

Trianto.(2015). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif dan kontekstual: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum 2013 kurikulum tematik integratif/KTI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

McMillen, C, dkk. (2014).“Effects of Numbered Heads Together on the Science Quiz Performance of 9th Grade Students”, Journal of Evidence Based Practices for Schools, Vol. 15 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i01.3515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats