Pengaruh Kemampuan Menyimak dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi

Hujaeni Roup(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan menyimak dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis deskripsi, untuk mengetahui pengaruh kemampuan menyimak terhadap keterampilan menulis deskripsi, untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis deskripsi. Penelitian ini menggunakan 60 siswa sebagai sampel dengan teknik proposional random sampling dari seluruh siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes pemahaman konsep dan penyebaran angket. Analisis data terdiri dari pengujian instrumen, uji validitas, dan realibilitas. Selanjutnya dilakukan persyaratan analisis dengan normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji regresi linear berganda. Penelitian ini dilksanalan pada bulan Maret 2018 sampai Juli 2018. Berdasarkan hasil dan analisis data, disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: 1). Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan menyimak dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan Sig=0,001< 0,05 dan F hitung =83, 17, 2). Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan menyimak terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan Sig=0,000<0,05 dan t hitung =2,971, 3). Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig=0,009<0,05 dan t hitung= 2,718. Kata Kunci: Keterampilan Menulis Deskripsi, Kemampuan Menyimak, Penguasaan Kosakata

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2009). Evaluasi program pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Iskandarwassid & Sunendar, Dadang. (2015). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir,M. (2003). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ridwan. (2004), Metode dan teknik menyusun tesis, Alfabeta Bandung

Suprayekti.(2003). Interaksi belajar mengajar. Jakarta. Direktorat Tenaga Kependidikan

Tarigan, H.G.(2008).Menulis sesabadsuatu keterampilan berbahasa, Bandung : Angkasa

Umar, H. (2009). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. Jakarta: Rajawali Persada

Wagiran.(2005). Curah gagasan pengantar penulisan karya ilmiah. Semarang: Rumah Indonesia

Kasno.2014.http://journal.sktipnurulhuda.ac.id/index.php/utility. (dalamhttp:// yang diunduh tanggal 18 Maret 2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i01.3513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats