Pengaruh Penguasaan Ragam Bahasa Kritik dan Kalimat Efektif terhadap Pembelajaran Menulis Teks Resensi

Firdaus Firdaus(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh penguasaan berbagai bahasa kritik dan penguasaan kalimat efektif terhadap pembelajaran menulis teks siswa. SMK Swasta di kota Bekasi. 2) Pengaruh berbagai kritik penguasaan bahasa 0f studi menulis teks ulasan siswa SMK swasta di Bekasi. 3) Pengaruh penguasaan kalimat efektif terhadap pembelajaran menulis teks ulasan siswa SMK swasta di Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan analisis korelasi dan regresi, dengan menghubungkan pengkaji pembelajaran. Data pada variabel penguasaan bahasa keragaman kritik dan penguasaan kalimat efektif dengan data yang menunjukkan pembelajaran menulis teks resensi. Data tentang pengajaran menulis ulasan teks diperoleh melalui tes langsung dengan meminta responden untuk membuat artikel berbentuk buku-buku terbaru yang telah ditentukan oleh peneliti. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan penguasaan terhadap berbagai kritik dan kalimat efektif pembelajaran menulis teks terbaru dari siswa SMK swasta di Kota Bekasi. ini dibuktikan oleh Sig = 0,000 <0,05 dan Fcount = 49,431; (2) ada pengaruh yang signifikan penguasaan terhadap berbagai kritik bahasa terhadap pembelajaran menulis teks siswa siswa SMK swasta di Kota Bekasi, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,002 <0,05 dan thitung = 2,901; dan (3) ada pengaruh yang signifikan penguasaan kalimat efektif terhadap pembelajaran menulis teks siswa SMK di Kota Bekasi, hal ini dibuktikan dengan Sig = 0,000 <0,05 dan thitung = 4,877. Kata Kunci: Ragam bahasa kritik, kalimat efektif, pembelajaran menulis teks resensi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmad, S. R.,& Hendri, P. (2015). Mudah menguasai Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Alwasilah, A. C. (2011). Linguistik suatu pengantar. Bandung: Angkasa.

Chaer, A. (2010). Kesantunan berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, A. dan Agustina, L. (1995). Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Finoza, L. (2005). Komposisi bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Fisher, A. (2009). Berpikir kritis: sebuah pengantar. Jakarta: Erlangga.

Keraf, G. (1994)). Komposisi. Ende Flores: Nusa Indah.

Pranowo. 2012. Berbahasa secara santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samad, D. (1997). Dasar-dasar meresensi buku. Jakarta: Grasindo.

Santoso, A. (2012). Studi bahasa kritis. Bandung: Mandar Maju.

Semi, A. (2013). Kritik sastra. Bandung: Angkasa.

Suriasumantri. (2007). Filsafat ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Tilaar, H.A.R. (2011). Pedagogik kritis. Jakarta: Rineka Cipta.

Tilaar, H.A.R. (2015). Pedagogik teoritis untuk Indonesia. Jakarta: Kompas.

Wijana, I. D. P. (2013). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zamroni., & Mahfudz. (2009). Panduan teknis pembelajaran yang mengembangkan critical thinking. Jakarta: Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i01.3512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats