Pengaruh Penguasaan Kalimat Efektif dan Kosakata terhadap Keterampilan Berbicara

Dyah Utami(1*), Suparman Ibrahim Abdullah(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial dari penguasaan kalimat efektif dan penguasaan kosakata keterampilan berbicara, khususnya siswa SMP di Kota Tangerang. Jika memang ada pengaruh positif dan signifikan maka seberapa kuat pengaruh penguasaan kalimat efektif dan penguasaan kosakata keterampilan berbicara. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu dengan menghubungkan data yang menunjukkan penguasaan kalimat yang efektif dan penguasaan kosakata dengan data yang menunjukkan keterampilan menulis siswa dalam pidato yang dalam hal ini bentuknya dalam pidato. Data tentang variabel penguasaan kalimat efektif dan variabel penguasaan kosakata diperoleh melalui tes tertulis langsung dari responden. Tes ini dilakukan menggunakan beberapa pertanyaan pilihan. Data tentang keterampilan berbicara diperoleh melalui tes langsung dengan meminta responden untuk membuat pidato yang temanya ditentukan oleh peneliti. Dari hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata efektif dan kosakata terhadap keterampilan berbicara siswa SMP Negeri di Kota Tangerang, hal ini dibuktikan oleh Sig = 0,000 <0, 05 dan Fhitung = 38.868; (2) ada pengaruh signifikan penguasaan kalimat efektif keterampilan berbicara pada siswa di Kota Tangerang, ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,004 dan hitung = 2,992; dan (3) ada pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata keterampilan berbicara pada siswa negeri di Kota Tangerang, hal ini dibuktikan oleh Sig = 0,000 dan hitung = 4,328. Kata kunci: penguasaan kalimat yang efektif, penguasaan kosakata, keterampilan berbicara

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Rozak, Abdul., 2000. Kalimat Efektif: Diksi, Struktur, dan Logika. Bandung: Rafika Aditama

Rusyana. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuk

Sabariyanto. Dirgo., 2001. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:Erlangga

Semi, Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya

Sudiana. 2007. Bahasa & Sastra Indone-sia SMA Kelas X. Surakarta: Yudhistira

Sudjiman. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: PT Grasindo

Suhendar. 2002. Prinsip –prinsip Dasar Sastra. Bandung : Angkasa

Tabrani, R. A. dkk, (2011). Pendekatan dalam proses belajar mengajar, Rosda Karya, Bandung

Tarigan, Henry Guntur, 2004. Pengajaran Kosakata.Bandung : Angkasa

Wijaya, Cece., Tabrani Rusyan. 2008. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Zuchdi, Darmiyati. 2007. Metode Pengajaran Bahasa.Bandung : Angkasa

………………………., 2008. Kemampuan Menulis dan Berbicara Akademik. Bandung : Rizqi Press




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i01.3511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats