Pengaruh Motivasi Belajar dan Penguasaan Tata Bahasa terhadap Pemahaman Membaca Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia Siswa SMA Negeri

Aswani Aswani(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan penguasaan tata bahasa secara bersama-sama terhadap pemahaman membaca teks eksplanasi bahasa Indonesia siswa SMA negeri di Kabupaten Tangerang Banten tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dengan survai di tiga SMA Negeri di Kabupaten Tangerang yang meliputi yaitu SMA Negeri 7, SMA Negeri 9 dan SMA Negeri 19 Kabupaten Tangerang dengan sampel sebanyak 60 siswa(responden) yang dipilih secara acak atau random. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket dan tes. Analisis data dengan menggunakan metode statistik deskriptif, uji validitas, uji realibilatas, dan analisa regresi ganda, Penelitian ini dilaksanakan pada bulan 22 Maret sampai 11 Mei 2018. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh motivasi belajar (X1) dan penguasaan tata bahasa(X2) terhadap pemahaman membaca teks eksplanasi (Y) siswa SMA Negeri di KabupatenTangerang Banten, dibuktikan dengan perhitungan regresi yang menunjukkan Nilai F hitung > F tabel atau 37,102>4,00 dengan persamaan regresi Y= 23,434 + 0,337 (X1) + 0,236 (X2). Selanjutnya secara bersama –sama variabel motivasi belajar dan penguasaan tata bahasa terhadap pemahaman membaca teks eksplanasi 56,6% dan signifikan.

Kata Kunci : Motivasi belajar, penguasaan tata bahasa, pemahaman membaca teks eksplanasi bahasa Indonesia


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin,E.Z. (2015). Asas-asas Linguistik Umum.Jakarta: PT Pustaka Mandiri.

Arifin,E.Z. (2016). Metodologi Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: PT Pustaka Mandiri.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi V. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Brown, H.D. (2001). Teaching by principles an Interactive Aproach to Language Padagogy. San Francisco: Logman

Chaer, A.(2003).Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chaer, A. (2011). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia.Jakarta: Rineka Cipta

Harjasujana, A.S. & Damaianti, V.S. (2003).Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.

Hasibuan,M.S.P.(2006). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Humalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar.Jakarta: BumiAksara.

Ibrahim, A.S. (2016). Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tangerang: PT. Pustaka Mandiri.

James, A. Black, Dean, J. Champion. (1992). Metode dan Masalah Penelitian. Bandung: Eresco.

Kasyadi, soeparlan, Maman Achdiyat, Virgana. (2017). Evaluasi Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Pustaka Mandiri.

Kridalaksana, H. (2009).KamusLinguistik. Jakarta: PT Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i01.3508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats