Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Bahasa Indonesia

Sutarya Sutarya(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh penguasaan kosakata dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis karangan narasi bahasa Indonesia, 2) Pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karangan narasi bahasa Indonesia, dan 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan menulis karangan narasi bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Sampel berukuran 108 siswa yang dipilih secara random dari seluruh siswa SMP Negeri Kecamatan Tirtajaya kabupaten Karawang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2018 sampai  Mei 2018. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, penyebaran angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui  metode regresi sederhana dan regresi ganda. Uji statistik dipergunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penguasaan kosakata dan motivasi belajar siswa diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,134 dengan koefisien determinasi sebesar 36,5% dengan analisis regresi ganda adalah sebagai berikut : regresi   = 106,901 + 0,163 X1  - 0,427  X2. t = 2,359 dan -2,943, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama Penguasaan kosakata dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Bahasa Indonesia peserta didik kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang.  Hal ini dibuktikan dengan Fh = 8,089 dan nilai Sig = 0.001 kurang dari 0,05, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Penguasaan kosakata  terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Bahasa Indonesia peserta didik kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang. Hal ini dibuktikan dengan nilai th = 2,359 dan nilai Sig = 0,020 kurang dari 0,05, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Bahasa Indonesia peserta didik kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang. Hal ini dibuktikan dengan nilai th = -2,943, dan nilai Sig = 0,004 kurang dari 0,05.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akhadiah, S. (1995). Pembinaan menulis bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alwi, H. (2007). Kamus besar bahasa indonesia edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Gie, L. (1995). Pengantar dunia karang-mengarang. Yogyakarta: Liberty.

Keraf, G. (2005c). Komposisi. Ende Flores: Nusa Indah.

Kosasi, A., Waluyo, J.H., & Sunardi. (ed) (2004, September) Pengaruh media gambar terhadap kepribadian siswa pada pendidikan budi pekerti.jurnal penelitian teknologi pendidikan volume 2 nomor hlm. 28-53.

Kridalaksana, H. (2009). Kamus linguistik: edisi keempat.Jakarta: Gramedia.

Lamuddin, F. (2008). Komposisi bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Intan Mulia.

Musrifah, N. (1999). Analisis kesalahan sintaksis pada karangan siswa kelas III SLTP Negeri 13 Yogyakarta Tahun Pelajaran 1998-1999. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Nasution. (1995a). Didaktik asas-asas mengajar. Bandung: Jenmars.

Nasution. (2002b). Didaktik asas-asas mengajar. Bandung: Jenmars.

Soenardi. (1996). Tes Bahasa dalam pengajaran. Bandung: Ensiklopedia.

Sudiana, I. N. (2007.) Retorika: bertutur efektif. Sidoarjo: Asri Press.

Yamin, M. (2007). Kiat membelajarkan siswa. Jakarta: Gaung Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v1i01.3507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats