Efektivitas Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 di SD N 2 Mantingan
(1) Universitas Islam Nahdlatul Ulama
(2) Universitas Islam Nahdlatul Ulama
(*) Corresponding Author
Abstract
Demi mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas satu di SD N 2 Mantingan melalui media kartu huruf merupakan tujuan dari penelitian ini. Desain eksperimen pretest-posttest kelompok tunggal dan teknik kuantitatif ialah penelitian yang diterapkan. Terdiri dari 31 peserta didik kelas satu yang mengikuti proses penelitian dalam populasi. Tes diberikan sebagai bagian dari dua perlakuan yaitu pretest, yang diberikan sebelum terapi (treatment) dimulai, dan posttest yang diberikan sebagai tes terakhir setelah terapi. Sementara nilai rata-rata posttest peserta didik, yang diberikan setelah terapi, adalah 88, yang menunjukkan bahwa nilai tersebut telah melampaui batas minimal 75, nilai rata-rata 58 peserta didik dalam pretest menunjukkan bahwa nilai tersebut belum mencapai batas minimal 75. Dapat dipastikan apakah nilai pretest dan posttest meningkat. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan alat ujian lisan tujuh pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian, uji t berpasangan menghasilkan hasil <,001 < 0,005 yang menunjukkan bahwa pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan diberikan kepada peserta didik kelas 1 SDN 2 Mantingan melalui media kartu huruf. Ho ditolak dan Ha diterima karena <,001 kurang dari 0,005. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media kartu huruf dapat membantu siswa kelas 1 SDN 2 Mantingan dalam mengembangkan keterampilan membaca.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adnan, A., Yamin, M., Aulia, M., & Kurniawati, R. (2019). Penggunaan Big Book dalam pembelajaran membaca permulaan di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 963–969.
Afianti, F. and U. K. and N. A. R. (2024). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sdn Trans Madang. E-Theses.Iaincurup.Ac.Id.
Agung, A. A. P., & Yuesti, A. (2019). Buku Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif Dan Kualitatif. Noah Aletheia.
Arum, R. P. S., Sari, T. T., & Kadarisman, K. (2023). Pengembangan Reox (Reading Box) Sebagai Media Ajar Membaca Permulaan. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 151–165.
Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37.
Destian, I. H., Wiranti, D. A., & Widiyono, A. (2022). Strategi Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD di Masa Pandemi. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 197–203.
Hajar, S. (2023). Peningkatan Literasi Terhadap Pendidikan Sekolah Dasar Di Lubuk Torop. Israul Educational Journal: Jurnal Pendidikan, 1(1).
Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10–24. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24
Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1–8.
Havisa, S., Solehun, S., & Putra, T. Y. (2021). Pengaruh Metode Suku Kata Mengunakan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 23–31.
Irfan, M., Nurlailal, N., Baharudin, B., & Komalasari, L. I. (2024). Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dengan Flash Card terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 MI At-Taqwa Wawonduru. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 89–100.
Janawati, D. P. A. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri 3 Ubud, Gianyar, Bali. Surya Dewata.
Khalida, P., & Sari, I. P. (2022). Efektivitas Metode Kupas Rangkai Suku Kata dengan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 1(2), 43–52.
Lubis, S. S. W. (2020). Membangun budaya literasi membaca dengan pemanfaatan media jurnal baca harian. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1).
Mumpuni, A., & Nurbaeti, R. U. (2019). Analisa faktor yang mempengaruhi minat baca mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123–132.
Mumtahanah, L. (2020). Integrasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 55–74. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.461
Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2019). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard Pada Pelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i3.892
Mustafidah, H., Imantoyo, A., & Suwarsito, S. (2020). Pengembangan Aplikasi Uji-t Satu Sampel Berbasis Web (Development of Web-Based One-Sample t-Test Application). JUITA: Jurnal Informatika, 8(2), 245–251.
Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597.
Pridasari, F., & Anafiah, S. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Di Sdn Demangan Yogyakarta. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(2), 432–439.
Putri, A. V. E., Sofiana, N., & Hamidaturrohmah, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Math Animaker Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V Sd Negeri 5 Sinanggul. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 180–191.
Putri, I. Y. L., Amalia, A. R., & Nurasiah, I. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui media Reading Spinner dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 495–500.
Rizki, S., & Firmawati, F. (2023). Penggunaan Media Kartu Huruf Bergambar dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Kelompok B di TK Ihksanul Kamil. Journal on Education, 5(2), 4041–4050.
Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 4(1), 100–106.
Sriana, S. (2024). Kemampuan Seni Rupa Teknik Pengecapan Pada Anak Tunagrahita Menggunakan Metode Demonstrasi Di SLBS Fajar Amanah. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(1), 116–123.
Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta. Cv.
Syarif, A. F., & Halimah, A. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Huruf Dan Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 228 Lagaroang Kec. Malili Kab. Luwu Timur. Primer Edukasi Journal, 3(01), 54–62.
Usman, A. H., & Mahmud, A. F. (2024). Addressing Low Speaking Proficiency in EFL Students: The Impact of Integrated Teaching Strategies in an Islamic Education Setting. International Journal of Language Education, 8(3), 503–519.
Widiyono, A. (2022). Analisis Kajian Metodik Didaktik Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Nusantara, 4(2), 524.
Wiranti, D. A., Fardani, M. A., & Rohmah, F. (2024). Pembelajaran Aksara Jawa Dilihat Dari Teori Belajar Piaget (Studi Kasus Sekolah Dasar Di Kabupaten Kudus). Jurnal Prakarsa Paedagogia, 7(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i3.26889
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|