Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Materi Intonasi dan Diksi Melalui Kooperatif Learning Tipe Stad Berbasis Game Tebak Kata di SDN Bluto I
(1) STKIP PGRI Sumenep
(2) STKIP PGRI Sumenep
(3) STKIP PGRI Sumenep
(4) STKIP PGRI Sumenep
(*) Corresponding Author
Abstract
Pembelajaran merupakan proses kolaborasi yang melibatkan pendidik dan peserta didik untuk memperoleh suatu pengetahuan baik itu dalam rana kognitif, afektif dan psikomotorik. Pembelajaran Bahasa Indonesia SD adalah suatu rangkaian pembelajaran yang membelajarkan siswa terkait dengan keterampilan dan kemampuan berbahasa dengan tujuan peserta didik bisa meningkatkan pengginaan bahasa indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan. Materi diksi dan intonasi merupakan materi yang sering dierapkan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan desain penelitian eksperimen dan observasi mengenai penggunaan metode kooperatif tipe STAD menggunakan game tebak kata. Selain itu penulis juga mengadakan game pada proses pembelajaran untuk merangsang keterampilan berbicara dan mempresentasikan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis game dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep diksi dan intonasi.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ali Armadi, S. M. (2022). Pembelajaran PPKn SD. Jakarta Barat: Garbang Literasi Indonesia.
Ali, M. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN SASTRA (BASASTRA) DI SEKOLAH DASAR. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
AR, M. M. (2023). Buku Ajar Pembelajaran IPS SD Kelas Atas. Sumenep.
Elisa, N., Hutahaean, F. I., & Panangia, V. (2021). Analisis Majas dan Diksi pada Puisi “Kepada Kawan” Karya Chairil Anwar. ASAS : Jurnal Sastra.
Handayani, D., & A, R. (2016). Pengembangan Permainan Tebak Kata Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Kimia Unsur (Development Charades Game As A Learning Media In Chemical Elements Topic). Jurnal FMIPA. Universitas Negri Surabaya,, 5(2), 333.
Aisy, N. R., Sartika, I. D., Murtopo, A., & Wahyuni, D. (2024). Game Digital Tebak Gambar Berbasis Kearifan Lokal Budaya Lampung. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(1), 39–51. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7457
Anggita Isma Juliandini, Taopik Rahman, R. R. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Papan Aktivitas sebagai Stimulus Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 49–58. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022-CUCU_ELIYAWATI/MEDIA_PEMBELAJARAN_ANAK_USIA_DINI-PPG_UPI.pdf
Fatirul, N. A. (2022). Metode Penelitian Pengembangan Bidang Pembelajaran (Edisi Khusus Mahasiswa Pendidikan dan Pendidik). Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02
Landaburu, J. (2016). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPAS MENGGUNAKAN GAME TEBAK GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 066050 MEDAN Ledy. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 4(1), 1–23.
M. Fathun Niam, Emma Rumahlewang, Hesti Umiyati, Ni Putu Sinta Dewi, Suci Atiningsih, Tati Haryati, Illia Seldon Magfiroh, R. I. A., & Rullyana Puspitaningrum Mamengko, Safira Fathin, Maria Septian Riasanti Mola, Ahmad Anif Syaifudin, F. W. (2024). metode kualitatif. In General and Specific Research (Vol. 4, Nomor 2). https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/744/784
Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429
Mukharil Syach Elrico, & M. Athoiful Fanan. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1 Batang. EDUSIANA Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 10(2), 148–169. https://doi.org/10.47077/edusiana.v10i2.439
P. Sitanggang, N. (2022). Intonasi Ujaran Deklaratif Dalam Bahasa Kubu. Kongres Internasional Masyarakat Linguistik Indonesia, 247–251. https://doi.org/10.51817/kimli.vi.58
Sumilat, J. M., & Matutu, V. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sisiwa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 865–870. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.392
Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236
Martono, K. T. (2015). pengembangan game dengan menggunakan game engine game maker. jurnal sistem komputer, 23-30.
P. Sitanggang, Natal. 2022. “Intonasi Ujaran Deklaratif Dalam Bahasa Kubu.” Kongres Internasional Masyarakat Linguistik Indonesia, 247–51. https://doi.org/10.51817/kimli.vi.58.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y., Hermawan, A., & Prihantini. (2022). implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. jurnal baicedu, 1-7
Sama', Wahyuni, A., Anggraeni, A. D., Tonasih, Yoniartini, D. M., Amni, S. S., . . . Widiastuti, R. (2021). Psikologi Pendidikan. Aceh: yayasan penerbit Mohammad Zaini.
Sumilat, Juliana Margareta, dan Vindi S Matutu. 2021. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sisiwa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (3): 865–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.392.
Yusuf, M. (2021). Pendidikan Holistik Menurut Para Ahli. STAI kota makassar, 1-8.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i3.26716
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|