Pesan Moral sebagai Nilai Pedagogis dalam Sastra Setengah Lisan Sawer Penganten (Pendekatan Folklorologi)
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pesan moral sebagai nilai pedagogis dalam karya sastra setengah lisan sawer penganten yang relevan untuk diajarkan kepada peserta didik. Menggunakan metode kualitatif, penelitian ini menganalisis sawer penganten, puisi lisan dalam budaya Sunda yang ditampilkan dalam prosesi pernikahan, dengan pendekatan folklorologi untuk memahami keterlibatan unsur budaya dalam kehidupan Masyarakat yang menunjukkan prinsip, norma, dan kepercayaan. Hasil penelitian menunjukkan tiga jenis pesan moral dalam sawer penganten: pesan untuk hubungan manusia dengan Tuhan, pesan bagi pasangan suami istri dalam menghadapi kehidupan rumah tangga, dan pesan bagi pasangan suami istri dalam kehidupan bermasyarakat. Sawer penganten tidak hanya merupakan tradisi tetapi juga media penyampai nilai moral, agama, dan pendidikan. Nilai-nilai ini penting diterapkan dalam proses pembelajaran untuk membentuk karakter siswa, sekaligus melestarikan tradisi budaya.
Kata kunci: sawer penganten, sastra setengah lisan, folklorologi
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Alifuddin, M., Udu, S., & Anhusadar, L. (2022). Pendidikan Berbasis Sastra Lisan (Lukisan Analitik atas Nilai Pedagogi dalam Folklor Orang Wakatobi). Kandai, 18(2), 207. https://doi.org/10.26499/jk.v18i2.2599
Burhanudin, M. (2017). Nilai Humanisme Religius Syiir Pesantren. Jurnal Sastra Indonesia. https://doi.org/10.15294/jsi.v6i1.10601
Choirin, M., Fajarulloh, S., & Guleng, M. P. (2023). The Da’wah Message in the Film “Tarung Sarung”: Faith, Worship, and Moral Behavior. MUHARRIK: Jurnal Dakwah Dan Sosial, 6(1), 189–207. https://doi.org/10.37680/muharrik.v6i1.1742
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Research Approach (5th ed.). SAGE Publications Inc.
Dorson, R. M. (1982). Folklore and Folklife. The University of Chicago Press.
Dundes, A. (1965). The Study of Folklore. Prentice-Hall.
Fine, E. C. (1994). The Folklore Text: From Performance to Print. Indiana University Press.
Hermawan, A., Fadillah, R., & Munib, M. (2022). Representation of Moral Education Values In the Poems of Ab? al-‘At?hiyah (A Study of Genetic Structuralism). Tadris Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1). https://doi.org/10.15575/ta.v1i1.17440
Hermawan, I. (2020). Konsep Nilai Karakter Islami sebagai Pembentuk Peradaban Manusia. Sajiem (Southeast Asian Journal of Islamic Education Management), 1(2), 200–220. https://doi.org/10.21154/sajiem.xxxxxxx
Huwaida. (2022). Spiritual Values in Pre-Islamic Arabic Literature. FITRAH, 4.
Karim, A., Raya, M. K. F., Mutholib, A., Kawakip, A. N., Retnanto, A., & Mukroji. (2023). Nyai Sabirah’s folklore and sacred local heritage in Central Java. Cogent Arts and Humanities, 10(1). https://doi.org/10.1080/23311983.2023.2198629
Kosasih. (2023). Ketatabahasaan dan Kesusastraan. CV. Yrama Widya.
Krippendorff, K. (2019). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. SAGE Publications Inc.
Kusmayadi, Y. (2018). Tradisi Sawer Penganten Sunda di Desa Parigi Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Agastya (Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya), 8(2), 127–149. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/ajsp.v8i2.2470
Machfud, M., Sugianti, & Suwadi. (2022). Kepercayaan Sebagian Lisan Masyarakat Desa Kraton ( Kajian Folklor Sebagian Lisan ). JP-PeBSI: JURNAL PATRIOT PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 1(1).
Madjid, N. (2000). Masyarakat Religius. Paramadina.
Muslihah, N. N., & Dewi, R. (2020). Kepewarisan Nilai Budaya dalam Mite Silampari Sebagai Folklor Lisan pada Masyarakat. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 4(1). https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i1.1247
Nasution, F. M., Harahap, R., & Wuriyani, E. P. (2022). Tradisi Lisan Sumur Tua Daerah Labuhan Batu Utara. Pedagogika, 2(1), 79–83. https://doi.org/https://doi.org/10.57251/ped.v2i1.354
Nopasari, D., Rozak, A., & Wiradinata, R. (2023). Digital Folklore Text Teaching Materials Loaded with Educative Values for SMP/MTs Students. International Journal of Secondary Education. https://doi.org/10.11648/j.ijsedu.20231101.13
Novianti, N. (2022). Indonesian Folk Narratives: On the Interstices of National Identity, National Values, and Character Education. Journal of Ethnology and Folkloristics, 16(1), 99–116.
Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.
Pasaribu, T., Fatmaira, Z., Kaputama, S., Veteran No, J., Binjai Kota, K., Binjai, K., & Utara, S. (2023). Analisis Nilai Religius Sastra Novel 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Rangga Almahendra dan Hanum Salsabiela Rais Kajian: Nilai Religius Hubungan Manusia dengan Tuhan. Journal on Education, 05(02), 5173–5184.
Pertiwi, A. L., Lintang Pertiwi, A., Ayu, R., Gumilang, R., Murni, W., Sari, W. N., & Astriani, A. S. (2024). Analisis Makna Tradisi Lisan Di Tasikmalaya. 4(1), 152–160. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i1.1068
Rusyana, Y. (1988). Pandangan Hidup Orang Sunda (Seperti Tercermin dalam Kehidupan Masyarakat Dewasa Ini) Tahap III. Depdikbud.
RWD, F., Utama, N. J., & Sinaga, R. (2018). The Oral Tradition as a Source of Learning the Local History of South Sumatera. Proceedings of the First Indonesian Communication Forum of Teacher Training and Education Faculty Leaders International Conference on Education 2017.
Sulaeman, A., & Hun, K. Y. (2023). Value Social and Moral Message Novel Bumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer. Scholars International Journal of Linguistics and Literature, 6(03), 182–190. https://doi.org/10.36348/sijll.2023.v06i03.003
Vansina, J. (2006). Oral Tradition as History. University of Wisconsin Press.
Zaky, A. (2023). The Importance Of Morals In Social Life. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/euk6p
Zumwalt, R. L. (2017). “Here is our man”: Dundes Discovered, The Development of the Folklore Program at the University of California, Berkeley. The Journal of American Folklore, 130(515), 3–33. https://doi.org/https://doi.org/10.5406/jamerfolk.130.515.0003
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i3.26230
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|