Analisis Alih Kode dan Campur Kode dalam Tayangan Podcast Youtube Maudy Ayunda dengan Aliyah Natasya

Dewi Agung Prasasti(1*), Saptono Hadi(2), Lailiyatus Sa'diyah(3), Agus Hermawan(4)

(1) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
(2) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
(3) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
(4) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
(*) Corresponding Author

Abstract


Kajian berupaya mengungkapkan alih-kode (AK) dan campur kode (CK) dalam tayangan podcast youtube Maudy Ayunda dengan Aliyah Natasya. Riset ini memakai pisau bedah kualitatif deskriptif. Riset ini menggunakan 2 sumber, yaitu sumber utama dalam riset ini adalah podcast yang berada pada kanal youtube Maudy Ayunda yang berjudul “Anak Muda: Nabung Dulu vs YOLO?!-Maudy Ayunda & Aliyah Natasya”, dan sumber sekunder/tambahan berupa buku, artikel, sejenis. Video ini diupload pada tanggal 3 Agustus 2023. Video podcast ini memiliki jumlah penonton yaitu 250 ribu lebih dengan durasi video 42 menit 19 detik. Sumber data tambahan dari riset ini didapat dari artikel online, skripsi, buku online/e-book. Tenik pengumpulan data yang dipakai, yakni metode tabulasi data serta dokumentasi. Data dianalisis dengan metode analisis isi, mendeskripsikan, dan mengkategorikan berdasarkan jenis dari 1 kode ke kode-kode yang lain (alih-kode) serta dipergunakannya 2 bahasa/lebih (campur-kode) dalam tuturan-tuturan. Hasil Riset ini didapatkan sebanyak 71 macam-macam alih-kode (AK) serta campur-kode (CK) yang ada pada tayangan podcast Maudy Ayunda dengan Aliyah Natasya, dengan uraian 15 alih kode, 18 jenis CK pembentukan kata (CKKt), 14 jenis CK pebentukan frasa (CKF), dan 24 jenis CK pembentukan klausa (CKKl).

Kata Kunci: Alih Kode, Campur Kode, Podcast Youtube


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ambarwati, Ari. 2019. Nusantara dalam Piringku. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama

Atlantix, B. G. H., Suharto, V. T., & Winarsih, E. 2022. Alih Kode Dan Campur Kode Pada Siaran Podcast Denny Caknan Periode 2021 (Kajian Soiolinguistik). In SHAMBHASANA: Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (Vol. 1, No. 1, pp. 282-290).

Eko Murdianto, 2022. Penelitian Kualitatif. Yogyakarta Press.

Guntoro, R. S. (2024). Campur Kode Guru Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Xi Smas Plus Taruna Andalan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Hadi, S. (2017). Story-telling: Upaya meningkatkan daya simak dalam keterampilan menyimak interaktif berbahasa. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(2), 163-177.

Hadi, S. (2020). Analisis Nilai Budi Pekerti Luhur Kumpulan Cerita Pendek Anak “Aku Anak Baik” Anisa Widiyarti. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(1), 98-112.

Hadi, S., & Chairyadi, E. (2022). Bimbingan Teknis Kepenulisan Karya Ilmiah Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Proposal Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(2), 77-86.

Hadi, S., & Utami, S. (2019). Akulturasi Pemerolehan Kompetensi Pragmatik Anak Usia Dini Pada Lingkungan Keluarga Etnik Jawa Di Era Revolusi Digital. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 4(1), 35-45.

Hermawan, A., Utami, S., & Hadi, S. (2018). Pelatihan Korespondensi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat pada Pengurus Karang Taruna Desa Candirejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 111-115.

Iftanurohman, Y. (2022). Campur Kode Masyarakat Tutur Di Mts Nurul Falah Sabrang Kabupaten Serang. METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 15(1), 55–62. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v15i1.753

Junaidi, Wardani, V., Rizki, A., & Fitri, N. A. 2022. Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Pemakaian Bahasa Indonesia Pada Aktivitas Diskusi Siswa Kelas VIII Mtss Al Furqan Bambi. Jurnal Metamorfosa, 10(2), 12–21. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i2.1771

Kaamiliyaa, S., Irawati, R. P., & Kuswardono, S. (2023). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Interaksi Sehari-Hari Oleh Santriwati Pondok Modern Darul Falach Temanggung (Kajian Sosiolinguistik). Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 12(1), 94–111. https://doi.org/10.15294/la.v12i1.67522

Manaf, E. Y., Said, I. M., & Abbas, A. (2021). Alih Kode dan Campur Kode Bahasa Wolio ke dalam Bahasa Indonesia di Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Baubau. Jurnal Ilmu Budaya, 9(1), 219–231.

Moleong, L. J. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Noermanzah. 2019. Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran Dan Kepribadian. 306-319. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba

Peritwi, D. A. S. (2023). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Film Kulari Ke Pantai Karya Riri Riza Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(3), 194-205.

Rofiah, I. (2021). Kedwibahasaan pada Tuturan Anak di Desa Kombang Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1–10. http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/1124/1/IFATUR ROFIAH_1734411017_Bahasa dan Sastra Indonesia_2021.pdf

Septarina. (2021). Studi Fenomenologi Penggunaan Podcast Sebagai Media Sarana Informasi Pada Prokopim Kota Bandung Jurnal Ilmiah.

Solekhudin, M., Uswatun Nisa, H., & Yono, R. R. (2022). Bentuk-bentuk Campur Kode dan Alih Kode Pada Halaman Facebook Kementerian Kesehatan RI (Kajian Sosiolinguistik). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 242–252. https://doi.org/10.5281/zenodo.7072945

Sukmawaty, S., Firman, F., T, F., Mirnawati, M., Rustan, E., & Guntur, M. (2024). Kedwibahasaan Anak Sekolah Dasar dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV. Nuances of Indonesian Language, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.51817/nila.v5i1.747

Syafitri, M., Triani, S. N., & Susanto, H. (2023). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Interaksi Non Formal Pada Masyarakat Multilingual Desa Sungai Keran Kecamatan Sungai Raya. BAHASTRA Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 99–112.

Yani, J., Hadi, S., Roziah, R., & Liswati, K. N. (2023). Diaknostik Pragmatik Tindak Tutur Akses Wacana Produk Iklan Bedak di Televisi. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 8(4), 852-862.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i3.24085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats