Pengaruh Pemberdayaan dan Budaya Belajar Siswa Terhadap Kreativitas Berpikir Siswa (Survei pada SMP Negeri di Jakarta Timur)

Asia Nurwati(1*), Merry Lapasau(2), Restoeningroem Restoeningroem(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk mengukur tingkat pengaruh secara simultan pemberdayaan dan budaya belajar terhadap kreativitas berpikir. Metode survei korelasional dipilih sebagai metode dalam penelitian.  Sampel terpilih 90 orang dari populasi 750 orang. Pemilihan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling.  Perhitungan dan pengolahan data menggunakan bantuan SPSS 24. Penelitian menggunakan istrumen berupa angket skala Linkert. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh persamaan regresi Y = - 16,834 + 0,167 X1 + 0,036 X2, dengan nilai sig 0,000 lebih kecil dari 0,05 disimpulkan  regresi berpola linear. Sedangkan untuk pengujian hipotesis, variabel bebas 16X1">  dan 16X2">  secara simultan terhadap Y didapatkan nilai koefisien determinasi sebesar 19,30 % dan nilai Fhitung sebesar 10,425 lebih besar dari nilai Ftabel  H0 ditolak. Maka simpulannya ialah terdapat pengaruh signifikan pemberdayaan dan budaya belajar terhadap kreativitas berpikir siswa.

 

Kata Kunci : Pemberdayaan, Budaya Belajar, Kreativitas Berpikir


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Azwar, S (2008), Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badudu, J.S. dan Zain, S.M. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Duvall, C (1999), "Developing individual freedom to act", Participation and Empowerment: An International Journal, Vol. 7, No. 8 pp. 204 – 212

Evans, J dan Lindsay, W. (2005). The Management and Control of Quality, Sixth Edition. Singapore: Seng Lee Press.

Fisher, A. (2009). Berfikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta : Penerbit PT. Gelora Aksara Pratama.

George, J dan Jones, G. (2012). Understanding and Managing Organizational Behavior, Sixth Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Guerre, D. (2004). “Introduction to the Special Issue on Employee Empowerment”. The Innovation Journal: Thon Journal, Volume 9 (1), Article 1.

Keith, D dan Newstrom, W. (2007). Human Behavior At Work: Organizational Behavior. New York: McGraw Hill International. p. 181 – 182

Lubis, Z. (2008), Teori Belajar, Jakarta : Penerbit STKIP Wijaya Bakti.

Luthans, F. (2008). Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill.

Margono. (2007). Metodologi Penelitian. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.

McShane, S.L. dan Von Glinow, M. A. (2010). Organizational Behaviour-Emerging Knowledge and Practice For The Real World 5th Edition. New York: McGraw-Hill.

Morler, E. (2010). The Leadership Integrity Challenge: Assesing and Facilitating Emotional Maturity, Revised Expanded 2nd Edition. USA: Sanai Publishing

Ni Putu Ayu Widyastuti I Gede Riana. (2019). “Effect of Empowerment and Compensation on Performance of Honorary Employees Mediated by Trusts”. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences; Vol. 6, No. 4, pp. 73 – 85

Nasution. (2002). Didaktik Azas-Azas Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara.

Rasyad, A. (2003), Teori Belajar dan Pembelajaran, Cet. Ke-4, Jakarta : UHAMKA Press & Yayasan PEP-Ex 8.

Riduwan. (2007). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Robbins, S.P. dan Judge, T.A. (2009). Organizational Behavior. 13 ThreeEdition, USA: Pearson International Edition, Prentice -Hall. h. 94 dan 458

Rusyan, T. (2007), Budaya Belajar Yang Baik, Jakarta: PT. Panca Anugerah Sakti.

Sardiman, A (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Schermerhorn, J.R, dkk. (2011). Managing Organizational Behaviour. New York: John Willey & Son

Slameto, (2001), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2004), Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Cet. Ke-9. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono, (2007). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2012). Aplikasi Statistik Dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Publishing House.

Suryabrata, S. (2004), Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4301

Weihrich,H dan Koontz,H. (2005). Management: A Global Perspective, Eleventh Edition. Singapore: McGraw-Hill Education (Asia)

Winkel, W.S (2006), Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Gramedia.

Wood, Jack M,. Et al. (2001). Organizational Behaviour: A Gobal Perspective 2nd Edition. Australia: John Wiley and Sons Australia, Ltd.

Zaraket, W. dkk. (2018). “The Impact of Employee Empowerment on the Trust”. International Journal of Human Resources Studies, Vol. 8, No. 3, pp. 284 - 299




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i1.23874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats