Makna Filosofis Hantaran pada Tradisi Ganjuran sebagai Bentuk Eksplorasi Budaya Jawa dalam Pembelajaran BIPA

Zuhrotul Maratussholihah(1*), Suyatno Suyatno(2), Mulyono Mulyono(3)

(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna filosofis hantaran dalam tradisi ganjuran dan pemanfaatnnya sebagai bentuk eksplorasi budaya pada pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Pembelajaran BIPA dapat dijadikan sebagai wadah untuk memperkenalkan dan meningkatkan eksistensi bahasa serta keberagaman kebudayaan bangsa Indonesia di kancah Internasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan warga masyarakat Lamongan yang masih melestarikan tradisi ganjuran dan paham terkait makna yang terkandung dalam hantaran yang disajikan dalam tradisi ganjuran. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara dengan menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat klasifikasi makna dalam hantaran pada tradisi ganjuran, yaitu makna berdasasrkan tekstur, penamaan, karakteristik, dan bahan pembuatannya. Macam-macam hantaran dan makna hantaran tersebut dalam tradisi ganjuran di kabupaten Lamongan dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar untuk memperkaya kosa kata pemelajar, mengembangkan pemahaman gagasan pada suatu teks atau tuturan dan yang paling utama yaitu sebagai bentuk pengenalan atau eksplorarasi budaya Indonesia melalui bidang kuliner pada kegiatan pembelajaran BIPA.

Kata Kunci: Tradisi Ganjuran, Hantaran, BIPA, Budaya


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: Cv. Syakir Media Press.

Ali, M. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN SASTRA (BASASTRA) DI SEKOLAH DASAR. Pernik, 3(1), 35–44.

Dananto, R. A., Ayu Yasinta, S., Rahmi Fauzani, S., Salsabila, V., & Saddono, K. (2023). Kuliner Gudeg sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dalam Mendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia. Sintaksis : Publikasi Para Ahli Bahasa Dan Sastra Inggris, 1(6), 1–15. https://doi.org/10.61132/sintaksis.v1i4.131

Dewi, A. N. (2023). Eksplorasi pengalaman pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing melalui konteks sosial makanan: studi deskriptif kualitatif. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 5(2), 122–143. https://doi.org/10.26499/jbipa.v5i2.6713

Farinda, F. U., & Khaerunnisa. (2023). UPAYA PENGENALAN KULINER LOKAL INDONESIA DALAM MATERI AJAR BIPA MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL. Paramasastra, 10(1), 46–56. http://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Leli, H., & Jonata. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. PT. Global Eksekutif Teknologi. www.globaleksekutifteknologi.co.id

Gunawan, F. A., Marlina, A. D., Nugroho, A. W., Mardani, A. N., & Saddhono, K. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Melalui Media Kuliner “Nasi Goreng” untuk Mahasiswa Yale University, Amerika Serikat. Fonologi : Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 1(4), 20–30.

Hali, H., Didipu, H., & Ali, A. H. (2023). PEMANFAATAN BUDAYA KULINER INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN BIPA. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 4(1), 177–184. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjll

Hasanah, D. U., Mufti, A., & Achsani, F. (2022). Lagu dangdut koplo sebagai materi ajar BIPA berbasis kearifan lokal bagi pemelajar tingkat lanjut. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 4, 99–118. https://doi.org/10.26499/jbipa.v4i2.4202

Hasanah, D. U., Quqotus Namia, Y., & Khayati, A. N. (2023). FILOSOFI KULINER TRADISIONAL KHAS JAWA SEBAGAI IDENTITAS NILAI KEARIFAN LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN BIPA. Prosiding Seminar Nasional Dan Internasional HISKI , 486–499.

Junaidi, F., Andhira, R., & Mustopa, E. (2017). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BIPA BERBASIS BUDAYA SEBAGAI STRATEGI MENGHADAPI MEA. Proceedings Education and Language International Conference , 317–324.

Khoiroh, M., & Syakur, A. (2022). NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL TRADISI GANJUR: STUDI PADA MASYARAKAT KECAMATAN BRONDONG DAN LAREN- KABUPATEN LAMONGAN-JAWA TIMUR.

Lilis, & Sunarya, Y. (2023). Intervensi Pedagogik Guru Terhadap Penyimpangan Afektif Peserta Didik Misinterpretasi Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 166–175.

Mahmudah, H. (2022). TALENTA Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts. TALENTA Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts, 5(2), 61–69. https://doi.org/10.32734/lwsa.v5i2.1358

Muzaki, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Tingkat 3 Berbasis Budaya Lokal Malang Development of Level 3 BIPA Teaching Materials Based on Malang Local Culture. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 2(02), 1–9.

Pujiono, S., & Widodo, P. (2021). IMPLEMENTASI BUDAYA DALAM PERKULIAHAN MENULIS AKADEMIK MAHASISWA BIPA TIONGKOK. LITERA, 20(1).

Sari, N. putri ndah. (2022). Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Budaya Malam Selikuran Masyarakat Jawa. International Conference on Cultures & Languages (ICCL), 1(1), 780–793.

Suharsono, D. D., Wicaksono, J. A., & Taufan, G. T. (2022). Pengembangan bahan ajar BIPA bermuatan budaya agraris untuk penutur asing tingkat pemula. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajarannya, 9(1), 82–89. https://doi.org/10.30738/caraka.v9i1.12272

Tanwin, S. (2020). PEMBELAJARAN BIPA (BAHASA INDONESIA PENUTUR ASING) DALAM UPAYA INTERNASIONALISASI UNIVERSITAS DI INDONESIA PADA ERA GLOBALISASI. Bahasa Indonesia Prima, 2(2), 2684–6780.

Utami, D. A. F., & Rahmawati, L. E. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODUL INTERAKTIF BAGI PEMELAJAR BIPA TINGKAT A1. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 277–294. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/index

Waweru, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.

Yuniatin, A., & Asteria, P. V. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIPA MADYA TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL. Jurnal Pena Indonesia, 8(1), 37–48. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi

Zulfirman, R. (2022). IMPLEMETASI METODE OUTDOOR LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 1 MEDAN. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 147–153. http://dx.doi.org/10.30596%2Fjppp.v3i2.11758




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i3.23668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats