Makna Makanan Tradisional pada Tradisi Ruwah Rasul Pernikahan Masyarakat Kediri Sebagai Wawasan KeIndonesiaan Bagi Pelajar BIPA
(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis makna makanan tradisional pada tradisi Ruwah Rasul pernikahan dan mendeskripsikan pemanfaatan makna makanan dalam tradisi Ruwah Rasul pernikahan sebagai wawasan ke Indonesiaan bagi pelajar BIPA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan masyarakat asli Kediri yang masih menjalankan tradisi Ruwah Rasul pernikahan. Subjek dalam penelitian ini adalah tradisi Ruwah Rasul Pernikahan yang terwujud dari makna makanan dalam tradisi Ruwah Rasul tersebut. Teknik analisis data dilakukan dengan empat tahapan yakni, (1) pengumpulan data penelitian, (2) reduksi data penelitian, (3) penyajian data penelitian, (4) verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa makna makanan pada tradisi Ruwah Rasul dikategorikan menjadi tiga jenis yaitu (1) Makna makanan berdasarkan penamaan, (2) Makna makanan berdasarkan karakteristik, (3) Makna makanan berdasarkan tekstur. Makna makanan dalam tradisi Ruwah Rasul pernikahan ini dapat dimanfaatkan untuk pengetahuan pelajar BIPA mengenai makna, ungkapan, gagasan dan kebudayaan di Indonesia.
Kata Kunci: Makanan Tradisional, Ruwah Rasul, BIPA.Full Text:
PDF (Indonesian)References
Azizah, S. N., Sukmawan, S., & Khasanah, I. (2022). Tradisi Sodoran Tengger sebagai Alat Diplomasi Budaya Indonesia melalui Pembelajaran BIPA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(3), 619–630. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i3.441
Defina. (2020). Indonesian Culinary in Bipa Learning as An Improvement of Knowledge and Language Skills Based on Learner’s Perception. Widyaparwa, 48(2), 173–185.
Hali1, H., Didipu2, H., & Ali, A. H. (2023). PEMANFAATAN BUDAYA KULINER INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN BIPA. In Jambura Journal of Linguistics and Literature (Vol. 4, Issue 1). https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjll
Dewi, A., N. (2023). Eksplorasi pengalaman pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing melalui konteks sosial makanan: studi deskriptif kualitatif. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA). 5(2) 122–143. https://doi.org/10.26499/jbipa.v5i2.6713
Ahsin, M., N. (2020). Aspek Budaya Dalam Pembelajaran BIPA pada Mahasiswa Bahasa Indonesia di Fatoni University Thailand. SEMINAR INTERNASIONAL-SEMAR BIPA UMK 2020. 133-142.
Mahmudah, H. (2022). Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts. LENTA Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts, 5(2), 61–69.
Restoeningrum., Sugono, D., & Amaliyah., S. (2022) Analisis Metodologi dan Materi Buku Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesiat. 5(1), 44-51.
Narang, D. (2021). Pengajaran Budaya Indonesia dalam Pembelajaran BIPA Jarak Jauh. Https://Fbs.Unj.Ac.Id/Indonesia/Pengajaran-Budaya-Indonesia-Dalam-Pembelajaran-Bipa-Jarak-Jauh/.
Nurhuda, T. A. , W. H. J. , & S. (2017). Pemanfaatan Sastra sebagai Bahan Ajar Pengajaran BIPA. The 1st Education and Language International Conference, 864–869.
Salama, P., & Kadir, H. (2022). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIPA BERBASIS BUDAYA Use of Culture-Based BIPA Learning Media. In Jambura Journal of Linguistics and Literature (Vol. 3, Issue 1). https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjll
Sari, N. putri ndah. (2022). Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Budaya Malam Selikuran Masyarakat Jawa. International Conference on Cultures & Languages (ICCL), 1(1), 780–739.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sugiyono, Ed.). Alfabeta.
Umi Farinda, F. (2023). UPAYA PENGENALAN KULINER LOKAL INDONESIA DALAM MATERI AJAR BIPA MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL. http://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra
Wijaya, S. (2019). Indonesian Food Culture Mapping: A Starter Contribution to Promote Indonesian Culinary Tourism. Journal of Ethnic Foods, 1–10.
Yuniatin, A. , & A. P. V. (2022). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Madya Terintegrasi Kearifan Lokal. Jurnal Pena Indonesia, 8(1), 37–48.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i3.23656
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|