Pengenalan Budaya Indonesia Melalui Dongeng Cinta Budaya Sebagai Bahan Ajar BIPA

Wahyu Dian Andriana(1*), Suyatno Suyatno(2), Mulyono Mulyono(3)

(1) State University of Surabaya
(2) State University of Surabaya
(3) State University of Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya Indonesia yang terkandung dalam buku Dongeng Cinta Budaya dan pengenalan budaya Indonesia melalui buku Dongeng Cinta Budaya sebagai bahan ajar BIPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis dan pendekatan tersebut dipilih karena untuk menginterpretasikan data hasil temuan dari buku Dongeng Cinta Budaya. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu buku digital Dongeng Cinta Budaya karya Watiek Ideo dan Fitri Kurniawan pada tahun 2015 dengan data berupa kata, frasa, dan kalimat yang relevan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat. Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku Dongeng Cinta Budaya mengandung budaya Indonesia dari berbagai daerah, meliputi Sunda, Bali, Palembang, Kalimantan, Jawa, dan Betawi. Budaya tersebut, meliputi 1) alat musik angklung, 2) lagu manuk dadali dan bubuy bulan, 3) tempat sanggar tari, 4) tari Pendet, 5) pantai Kuta, 6) makanan pempek, 7) permainan bagasing, 8) pakaian kebaya dan batik, 9) ondel-ondel, dan 10) permainan congklak. Kesepuluh budaya tersebut dapat diintegrasikan dalam bahan ajar BIPA berbasis budaya melalui berbagai pendekatan yang relevan, seperti bahan ajar berbasis multimedia dan CTL yang relevan dengan budaya Indonesia. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengenalan budaya Indonesia melalui Dongeng Cinta Budaya sebagai bahan ajar BIPA dapat mengajak pemelajar BIPA untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia secara langsung dan autentik.

Kata Kunci: Budaya Indonesia, bahan ajar BIPA, Dongeng Cinta Budaya

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alliyah, Y. (2018). Makna Terdalam Dari Lagu “Bubuy Bulan.” Perpustakaan Digital Budaya Indonesia. https://budaya-indonesia.org/Makna-Terdalam-Dari-Lagu-Bubuy-Bulan

Alvionita, M., Tanudjaja, B. B., & Malkisedek, M. H. (2023). Perancangan Art Book Desain Karakter untuk Melestarikan Pakaian dan Kesenian Tradisional Jawa. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 8(1), 169–182. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v8i1.842

Beni, S. (2020). Siklus Tahunan Budaya Dayak Djongkakng Di Dusun Jambu Desa Semirau Kecamatan Jangkang Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 6(2), 221–247. https://doi.org/10.36424/jpsb.v6i2.192

Callula, S. A., Nolani, P. S., & Ramadhan, M. R. (2022). Strategi Mempertahankan Budaya Ondel-ondel dalam Revitalisasi Kebudayaan Betawi. Arif: Jurnal Sastra dan Kearifan Lokal, 1(2), 304–317. https://doi.org/10.21009/arif.012.08

Dewi, L. S., Sarjiwo, & Pratama, U. N. (2023). Metode Pembelajaran Tari Kreasi pada Kelas Anak Usia Dini di Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta Creative Dance Learning Methods in Early Childhood Classes at Kinanti Sekar Art Studio Yogyakarta. IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, 17(1), 164–173.

Dewi, N. P. C. P., Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2021). Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 8(2), 68–77. https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6259

Helvana, N., & Hidayat, S. (2020). Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Anak. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 253–260. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25623

Ideo, W., & Kurniawan, F. (2015). Dongeng Cinta Budaya. PT Bhuana Ilmu Populer.

Khairiah, & Walid, A. (2020). Pengelolaan Keberagaman Budaya Melalui Multilingualisme Di Indonesia. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, 5(1), 131–144.

Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Rineka Cipta.

Koerniawati, F. T. (2022). Destinasi Wisata, Sumber Daya Manusia Pariwisata Dan Pariwisata Berkelanjutan. Siwayang Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Pariwisata, Kebudayaan, Dan Antropologi, 1(1), 39–50. https://doi.org/10.54443/siwayang.v1i1.52

Komalasari, A. N., Rifa’i, M., & Marsingga, P. (2024). Peran Idol K-Pop dalam Diplomasi Budaya Indonesia Di Korea Selatan (Studi Kasus: Dita Karang “Secret Number .” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 755–764.

Kurnia, N. (2023). Potensi Pemanfaatan Pempek Palembang untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia 2023, 2(1), 19–24.

Kurniasih, D. (2021). Analisis Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Sahabatku Indonesia Tingkat Dasar. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(1), 25–45. https://doi.org/10.31503/madah.v12i1.305

Kusumawardani, S., & Aulia, N. N. (2020). Analisis Keterampilan Bermain Alat Musik Angklung Pada Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 116–120. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4975

Ma’rufa, D., & Suyatno. (2023). Narasi dan Bentuk Budaya Tradisonal dalam Buku Dongeng Cinta Budaya Karya Watiek Ideo dan Fitri Kurniawan. Jurnal Bapala, 10(1), 83–92.

Mayar, F., Natari, R., Cendana, H., Hutasuhut, B. R. S., Aprilia, S., & Nurhikmah. (2022). Peran Dongeng dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4600–4607. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2615

Melinda, S., & Muzaki, H. (2023). Cerita Rakyat Sebagai Upaya Pengenalan Bahasa Dan Budaya Indonesia Dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.46772/semantika.v5i01.1242

Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UIP.

Nurhuda, P., Sulistyaningrum, S. D., & Muliastuti, L. (2023). Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA) Strategi Internasionalisasi Bahasa Indonesia Melalui Program BIPA. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 5(1), 78–90. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/jbipa.v5i1.5781

Putra. (2023). Peran BIPA Sebagai Media Promosi Daerah (Kek Mandalika). NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 1265–1272.

Rahaya, I. S., & Sahidillah, M. W. (2022). Pemanfaatan Nilai Budaya Legenda Rawa Pening Sebagai Bahan Ajar BIPA. Jurnal Digdaya, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.31004/digdaya.vxix.xxx

Ramdhan, V., & Ramliyana, R. (2023). Pembelajaran Budaya Melalui Media Gamelan Pada Mahasiswa BIPA. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan, 2(2), 46–53. https://journal.unindra.ac.id/index.php/jagaddhita

Ridwan, F. (2024). Nilai Pancasila Dalam Lagu Adat Manuk Dadali. SAKOLA - Journal of Sains Cooperative Learning and Law, 1(1), 11–16. https://doi.org/10.57235/sakola.v1i1.2203

Rizzkiya, L., & Aprianti, E. (2023). Kreativitas Seni Musik Anak Usia Dini Melalui Permainan Alat Musik Angklung. Jurnal Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif, 6(5), 551–558.

Sari, D. E., & Ansari, K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Bermuatan Budaya Sumatera Utara Berbantuan Media Audio Visual Bagi Tingkat Pemula. Kode: Jurnal Bahasa, 10(1), 138–147.

Syaira, M. Z., & Hermandra. (2024). Analisis Gaya Bahasa Satire Pada Lirik Lagu “Kami Belum Tent ” Karya Grup Band Feast Kajian Semantik Kognitif. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 157–164.

Yeni, S., Faizah, H., Elmustian, & Syafrial. (2024). Rumah Lontiok Sebagai Identitas Kebudayaan Masyarakat Ocu Kampar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2348–2357.

Yudiawati, H. (2021). Manajemen Pelestarian Angklung sebagai Warisan Budaya Takbenda. Jurnal Tata Kelola Seni, 7(1), 31–44. https://doi.org/10.24821/jtks.v7i1.4623

Yusri, A. Z. dan D. (2018). BIPA Sebagai Strategi Kebudayaan dan Implementasinya dalam Metode Pembelajaran. Prosiding Semnas KBSP V, 86–91.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i1.23481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats