Pemanfaatan Aplikasi Snack Video untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Materi Teks Berita Siswa SMP Kelas VII

Siti Robiatun Nisa(1*), Udjang Pairin(2), Titik Indarti(3)

(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP yang masih cenderung belum berani berbicara di depan umum. Mengetahui, mendeskripsikan, meningkatkan, dan mengimplementasikan aplikasi Snack Video sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia materi teks berita. Aplikasi Snack Video memenuhi kriteria media pembelajaran yang baik yaitu media pembelajaran baru dan menarik bagi siswa khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode penelitian ini digunakan untuk memahami berbagai pertanyaan penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan hasil penelitian dan manfaat perkembangan teknologi khususnya manfaat aplikasi snack video sebagai media pembelajaran keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang dijelaskan secara komprehensif. Data penelitian ini dari bulan Maret hingga Mei 2024. Sumber datanya adalah siswa SMP kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dan catatan. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendukung data penelitian adalah metode observasi, wawancara, penilaian (tes). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa meningkat pada bulan Maret hingga Mei 2024. Keunggulan dari penelitian ini adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi berbasis digital, nantinya dapat memberikan wawasan baru kepada mahasiswa mengenai teknologi digital.Kata Kunci : Snack Video, Keterampilan Berbicara, dan Teks Berita

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustin, P. A., & Nuryana, I. K. D. (2022). Analisa Perbandingan Pengguna Aplikasi Tiktok dengan Snack Video menggunakan Metode UTAUT dan EUCS. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 3(4), 80-90.

Andalas, E. F., Wurianto, A. B., & Setiawan, A. (2021). Menjadi Indonesia: Membangun Nasionalisme, Identitas Kultural, dan Religiositas Siswa Diaspora Indonesia di Singapura. INTERNASIONALISASI Bhs. Indonesia Perspektif Lintas Negara, 128.

Aqib, Zainal. (2010). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung. : Yrama Widya

Dewanta, A. A. N. B. J. (2020). Pemanfaatan aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia, 9(2), 79-85.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.

Hikmah, M., & Haryadi, H. (2022). Aplikasi Tiktok Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Keterampilan Berbicara Untuk Siswa SMA. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(2), 369-377.

Iryani, E. (2022). Penerapan Media Snack Video Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan , 8 (2), 491-497.

Kumparan.com. Apa itu Snack Video? Aplikasi Pesaing TikTok yang Bayar Pengguna Nonton. (2021, 24 Februari). Diakses Maret 2024. Dari https://m.kumparan.com/kumparantech/apa-itu-snack-video-aplikasi-pesaing-tiktok-yang-bayar-pengguna-nonton-1vEklnETArW

Mahnum, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37 (1).

Maulana, A. I. (2020). Pemanfaatan Media Youtube dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa SMA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Vol.2, pp.348-353.

Retnowati, Y. (2019). Membaca Teks Berita. Jurnal Open Science Framework (OSF). Hal 1-14. https://doi.org/10.31227/osf.io/9x3s6.

STEKOM, Universitas. Snack Video. Diakses Maret 2024. https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/SnackVideo




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i3.23460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats