Media Sosial Instagram Gapah Lingual sebagai Sarana Pembelajaran Bahasa Indonesia

Fedora Daka Syam Aminullah(1*), Anas Ahmadi(2), Resdianto Permata Raharjo(3)

(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Media sosial instagram telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, termasuk dalam konteks pembelajaran bahasa Indonesia. Salah satunya akun Instagram yang menyediakan sarana pembelajaran bahasa Indonesia adalah akun @gapahlingual. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menginformasikan masyarakat seberapa bermanfaatnya media sosial Instagram @gapahlingual dan mengetahui respon pengikut terhadap adanya media sosial Instagram @gapahlingual dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah pengikut akun @gapahlingual dan data yang digunakan adalah jawaban hasil kuisioner. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik kuisioner. Kemudian dianalisis menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial akun @gapahlingual dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran bahasa Indonesia dan pengikut Instagram @gapahlingual memiliki respon positif dan negatif untuk evaluasi akun Instagram @gapahlingual dan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis digital di masa depan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Atmawijaya, Arifin, E. Z., & Sugono, D. (2020). Motivasi dan Lingkungan Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Keluarga bagi Anak Berprestasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(2), 95–109.

Bliss, K. (2015). Social Media in the Classroom: An Experiential Teaching Strategy to Engage and Educate. Pedagogy in Health Promotion, 1(4), 186–193.

Budiman, B. (2022). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(2), 149. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i2.2098

Cresswell, J. W. (2014). Research Design; Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches 4th edn. Sage Publications.

Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Penyajian Konten Edukasi atau Pembelajaran Digital. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting, and, Research, 5(4), 1006–1013.

Gleason, B., & GIllern, S. Von. (2018). Digital Citizenship with Social Media: Participatory Practices of Teaching and Learning in Secondary Education. Educational Technology & Society, 21(1), 200–212.

Gonulal, T. (2019). The Use of Instagram as a Mobile-Assisted Language Learning Tool. Contemporary Educational Technology, 10(3), 309–323. https://doi.org/10.30935/cet.590108

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.

Jaronah. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap Keterampilan Membaca Puisi Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(3), 225–234.

Lee, S.-E. (Joy), Mull, I., & Agnew, L. (2023). Teaching effective Instagram marketing strategies using an experiential learning project for cotton fibres and textiles. International Journal of Fashion Design, Technology and Education, 16(3), 288–295. https://doi.org/10.1080/17543266.2023.2190167

Margareth, L. M., Sugono, D., & Suendarti, M. (2022). Kesalahan Berbahasa dalam Pemberian Komentar di Media Sosial Instagram (Kajian Psikolinguistik). Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 125–135.

Martin, F., Wang, C., Petty, T., Wang, W., & Wilkins, P. (2018). Middle School Students’ Social Media Use. Educational Technology and Society, 21(1), 213–224.

Putri, I. P. H. (2022). Ragam Bahasa Ngalam dalam Media Sosial Instagram: Kajian Sosiolinguistik. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 171–179.

Sari, D. N., & Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 23–36. https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4428

Sunardiyah, M. A., Wibawa, S., & Nisa, A. F. (2022). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar pada Abad 21. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(1), 159–164.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i2.23420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats