Efektivitas Pelaksanaan Ujian Akhir Semester pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di MTsN 17 Jakarta

Hilwa Tsamarah(1*), Nur Syamsiyah(2)

(1) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(2) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan ujian akhir semester pada pembelajaran bahasa dan sastra indonesia.di MTsN 17 Jakarta. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 9-5 MTsN 17 Jakarta yang berjumlah 28 sebagai responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu opini dari siswa-siswi MTsN 17 Jakarta. Teknik pengambilan data di ambil dari pengumpulan jawaban qusioner yang telah dibuat oleh penulis dengan secara langsung mengunjungi siswa-siswi MTsnN 17 Jakarta dan studi pustaka dengan mencari buku digital, jurnal, dan makalah . Teknik analisis data menggunakan analisis isi jawaban qusioner, dengan menyimak, mencatat, kemudian mengambil kesimpulan secara keseluruhan dari dokumentasi quisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan ujian akhir semester pada pembelajaran bahasa dan sastra indonesia.di MTsN 17 Jakarta memberikan sejumlah informasi untuk ditingkatkan sekaligus diperbaiki kedepannya. Kesulitan soal ujian akhir semester bahasa indonesia sebagian besar sangat sulit sedangkan sebagian kecil lainnya mudah dikerjakan karena materi nya sudah diajarkan. Sehingga pelaksanaan ujian akhir semester dalam mengevaluasi pemahaman Anda terhadap materi bahasa dan sastra Indonesia kurang efektif dikarenakan pemahaman materi dan soal yang diberikan membutuhkan fokus yanng lebih dalam walaupun soal yang diberikan pernah diajarkan pada materi sebelumnya. Untuk persiapan belajar nya sebelum ujian akhir semester bahasa indonesia sudah maksimal. Selain itu kesesuain materi dan soal yang diberikan juga sudah sesuai, guru juga adil dalam pemeberian nilai. Faktor lain nya itu suasana di kelas tenang karena ada pengawas yang sekaligus memberikan petunjukan dalam menherjakan soal. Dari faktor yang sudah dijelaskan diatas terdapat saran agar soal ujian akhir semester disarankan tidak terlalu panjang dan bisa diacak guna menghindari contek mencontek.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Martinus Tukitan & Nugrahaeni Puspita Sari. (2021). Membangun sistem manajemen organisasi pendidikan. Jakarta: Penerbit PT Kanisius.

Wina Sanjaya & Andi Budimanjaya, S. (2017). Paradigma baru mengajar). Jakarta: Kencana.

Lubis, W. (2020). Analisis efektivitas belajar pada pembelajaran jarak jauh (pjj) di masa pandemi covid-19. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 132-141. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/3282

Yarsama, K. (2022, July). Efektivitas Pembelajaran Sastra sebagai Media Pembentukan Karakter Anak. In Sandibasa: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp. 63-77). https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/view/2002

ADORIA, A. (2018). ANALISIS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS X DAN XI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018 SMA NEGERI 7 MEDAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan). https://digilib.unimed.ac.id/30633/

Utami, S. P. T., Juidah, I., Muharudin, E., Syam, S., & Yuda, R. K. (2021). ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH PENGANTAR PENYUNTINGAN. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 203-212. https://www.bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/121

Utami, S. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Learning Community Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas III SD Negeri Kranggan 01 Kec. Geger Madiun Tahun Pelajaran 2015/2016. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 16-33. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/3366

ERNAWATI, D. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF STAD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT KELAS VII-E SMP NEGERI 51 SURABAYA. https://scholar.google.com/scholar?start=10&q=Efektivitas+pelaksanaan+ujian+akhir+semester+pada+pembelajaran+bahasa+dan+sastra+indonesia&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1703219310005&u=%23p%3DkpyYjm44MCgJ

Ismi, K., Alawiyah, R. W., & Mawardati, R. (2023). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DIBANTU DENGAN GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEUHEUN. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 1(9), 62-69. https://etdci.org/journal/AUFKLARUNG/article/view/911

Fransori, A. (2019). The Effectivity of Spre/R Approach in Improving Creative Writing of the Students (Efektivitas Metode Spre/R Approach Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Mahasiswa). Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 47-64. https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/jurnal-gramatika/article/view/3121




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i3.21701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats