Inovasi Model Pembelajaran Ling-Stad Untuk Meningkatkan Pembelajaran Apresiasi Sastra

Faidhur Rohmah(1*), Nas Haryati Setyaningsih(2), Haryadi Haryadi(3)

(1) 
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dua model pembelajaran sehingga diperoleh inovasi model pembelajaran apresiasi sastra. Jenis penelitian bersifat konseptual, Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dari berbagai literatur ilmiah seperti artikel jurnal, catatat hasil penelitian, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan Ling-Stad merupakan gabungan dari dua model pembelajaran, yaitu model pembelajaran lingkar sastra dan model pembelajaran kooperatif STAD. Model pembelajaran ini dirancang untuk meningkatkan pembelajaran apresiasi sastra dengan cara mendekatkan peserta didik untuk meningkatkan pemahaman terhadap karya sastra dengan pembelajaran yang menarik dan inovatif. Inovasi model pembelajaran Ling-Stad memiliki lima sintak pembelajaran yang meliputi (1) orientas, (2) persiapan, (3) penugasan, (4) diskusi, (5) evaluasi.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bakri, Y., Barasandji, S., & Syamsuddin, S. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam memahami isi cerita pendek pada siswa kelas V SDN 25 Ampana. Jurnal Kreatif Online, 4(4).

Emzir dan Saifur Rohman. (2015).Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta:Raja Grafindo.

Endraswara, Suwardi. 2002. Metode Pengajaran Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Radhita Buana.

Heriwan, D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 673-680.

Hermarita, I., Ngalim, A., & Al Ma’ruf, A. I. (2018). Efektivitas Model Lingkar Sastra (Literature Circles) Dalam Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek Pada Siswa Kelas Xi Teknik Instalasi Tenaga Listrik (Titl) 1 Smk Negeri 2 Purwodadi Grobogan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Hidayati, E. (2014). Pengembangan Model Lingkar Sastra Dalam Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Peserta Didik SMP/MTs. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2).

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.

Maulana, P., & Akbar, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 5(2).

Piscayanti, kadek Sonia. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Sastra Berbasis Karakter dan Lokalitas dalam Mata Kuliah Drama, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Jurnal UPI Vol.1 No.2 Oktober 2012 hal. 79-99.

Rakhmawan, D. (2014). Penerapan Model Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Pada Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1-10.

Rohman, F., & Kusaeri, K. (2021). Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Fikih Dengan Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal (WGCTA). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 19(3), 333-345.

Sulistyorini, D. 2003. “Mitos Masyarakat terhadap Legenda di Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung”. Laporan Penelitian, Lembaga Penelitian Universitas Malang.

Syahrul, N. (2022, February). Pembelajaran Sastra Yang Menyenangkan Dan Inovatif. In Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) (Vol. 5, No. 2, pp. 93-104).

Wayudi, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 5(1), 67-82.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i3.21675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats