Pendidik Berkualitas Unggul dan Bekarakter Dalam Novel Sang Guru Pamong Karya Indrarto Dan Jose Rizal (Kajian Esistensialisme Nietzsche)

Tuti Tuti(1), Sumaryoto Sumaryoto(2*), Mamik Suendarti(3)

(1) Indraprasta PGRI University
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pendidik berkualitas unggul dan berkarakter dalam novel Sang Guru Pamong karya Indrarto dan Jose Rizal menggunakan pendekatan eksistensialisme Nietzche. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis novel ini adalah kualitatif, karena uraian datanya bersifat deskriptif, menganalisis data secara induktif dan rancangan yang bersifat sementara. Selain itu penulis menggunakan pendekatan eksistensialisme Nietzsche dalam menjawab rumusan masalah mengenai pendidik berkualitas unggul dan berkarakter. Hasil penelitiannya dapat disimpulkan bahwa: Pertama, pendidik berkualitas unggul dalam novel biografi Sang Guru Pamong karya Indrarto dan Jose Rizal: (1) berjiwa kuat, (a) Berani, yakni berani mengakui kekalahan secara jujur lebih baik daripada mendapat predikat terbaik atau memperoleh kemenangan dengan cara-cara yang tidak jujur; (b) Menjadi diri sendiri, yakni komitmen terhadap idealisme diri di mana pun berada; (c) Berproses, yakni manusia bukanlah sesuatu yang sudah selesai, manusia itu “menjadi” artinya terus berproses.. (2) berjiwa Merdeka, merdeka bagi seorang pendidik berarti memiliki independensi tinggi dalam menyampaikan keilmuannya. Kedua, pendidik yang berkarakter dalam novel biografi Sang Guru Pamong karya Indrarto dan Jose Rizal: (a) Integritas yang tinggi, (b) Keberagamaan, (c) Cinta Ilmu, (d) Bersyukur, (e) Mandiri, (f) Jujur dan Sportif.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amiruddin. (2019). Pengaruh etos Kerja Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Biak Numfor. Papua: Qiara Media

Amirudin, MF. (2019). Hubungan Pendidikan dan Daya Saing Bangsa. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 4, No. 1: 36-37

http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/belajea/article/view/723

Afrilla, T & Yaya, S. (2023). Program dan Peran Guru Bahasa Indonesia sebagai Penunjang Prestasi dan Karakter Siswa. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 6 (1): 52.

http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i1.17635

Dewi, KYF. (2018). Upaya dan Problematika Peningkatan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Daiwi Widya, Vol.05, No. 02: 32

https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/DW/article/view/173

Darma, B. (1990). Sastra Indonesia Mutakhir dalam Aminuddin (Ed.). Sekitar Masalah Sastra. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.

Ekawati, D. (2015). Eksistensialisme. Jurnal Tarbawiyah, Vol. 12, No. 01 hal 142

https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/download/427/228

Hasan, F. (2005). Berkenalan dengan Eksistensialisme. Jakarta: Pustaka Jaya.

Hasan, I. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Herimanto. (2010). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hewi, La dan Muh. Saleh. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, Vol. 04 No. 1: 32

https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/download/2018/1275

Indrarto. J. R. (2021). Sang Guru Pamong. Jakarta: Republika.

Kompas. (2021). Paud Masih Tertinggal. Humaniora: edisi senin, 8 November 2021. H: 5, Jakarta

Kompas. (2021). Guru dan Kemerdekaannya. Kolom Opini: Edisi 26 November 2021. H: 7, Jakarta.

Kompas. (2022). Anonimitas Ilmuwan. Kolom Opini: Edisi 9 Februari 2022. H: 8, Jakarta.

Mencken, H. L. (1908). The Philosophy of Friedrich Nietzsche. Boston: Luce and Company. Terjemahan Ahmad Asnawi. 2021. Filsafat Nietzsthe, cetakan 1. Jakarta: Indoliterasi.

Moleong, L. j. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhtadi, A. (2010). Strategi Untuk Mengimplementasikan Pendidikan Budi Pekerti Secara Effektif di Sekolah. Jurnal UNY, h: 1.

https://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan/article/view/6284

Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Jurnal Edukasi, 14 (1) 6-7

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/view/971

Tika, A dan Yaya, S. (2023). Program dan Peran Guru Bahasa Indonesia sebagai Penunjang Prestasi dan Karakter Siswa. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 6 (1): 50.

http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i1.17635

Zulfa, AF,dkk. (2023). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Religius pada Cerita Rakyat Perang Obor di Kabupaten Jepara. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 6 (1) 39.

http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i1.17660




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i2.20051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats