Konjungsi daripada, sebagai, dan seperti dalam Teks Biografi K.H. Mustofa Kamil

Fikar Zulhaq(1*), Sudaryanto Sudaryanto(2)

(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author

Abstract


Konjungsi sering digunakan dalam tataran kalimat untuk menghubungkan dua kalimat dalam suatu bahasa. Konjungsi digunakan dimaksudkan supaya memperjelas dua atau lebih klausa yang ada dalam suatu kalimat. Konjungsi daripada, sebagai, dan seperti termasuk dalam kelompok konjungsi pembandingan atau kemiripan. Penelitian termasuk penelitian kualitatif. Subjek penelitian merupakan hal, benda atau orang yang memberikan data atau informasi terkait topik yang diteliti. Subjek penelitiian ini merupakan teks biografi K.H. Mustofa Kamil Sang Pendekar dari Kota Intan. Sementara itu, objek penelitian merupakan masalah yang diteliti dalam penelitian ini. Objek penelitian ini ialah konjungsi daripada, sebagai, dan seperti yang terdapat dalam teks biografi K.H. Mustofa Kamil Sang Pendekar dari Kota Intan. Instrumen penelitian ini adalah human instrument  yang mana peneliti berperan sebagai alat penelitian. Metode pengumpulan data penelitian “Konjungsi daripada, sebagai, dan seperti dalam Teks Biografi K.H. Mustofa Kamil” adalah metode simak. Metode analisis data dalam penelitian ini mengggunakan metode distribusional dengan teknik dasar teknik bagi unsur langsung (BUL) dan teknik lanjutan teknik lesap. Penelitian ini menjelaskan keberadaan konjungsi daripada, sebagai, dan seperti dalam Teks Biografi K.H. Mustofa Kamil yang berperan menjadi penghubung antara dua klausa atau lebih di dalam satu kalimat. Hasil penelitian ini menjelaskan bagaimana bentuk konjungsi daripada, sebagai, dan seperti dalam Teks Biografi K.H. Mustofa Kamil yang berperan sebagai kata hubung antara dua klausa dalam satu kalimat. Faktor yang menjadikan onjungsi daripada, sebagai, dan seperti banyak ditemukan karena konjungsi merupakan salah satu unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks biografi.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Hardiyanti, S. (2021). Penggunaan Konjungsi pada Teks Autobiografi Karangan Peserta Didik Kelas X SMK Tlogosari Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Sasindo, Vol. 9(2), 127-149. https://journal.upgris.ac.id/index.php/sasindo/article/view/11007

Indah, P. V., (2020), Konjungsi Subkoordinatif pada Tulisan Teks Fantasi Karangan Siswa Kelas VII dan Kaitannya dengan Pembelajaran Teks Fantasi di SMP Negeri 1 Kalasan, Skripsi. Universitas Ahmad Dahlan: Diterbitkan.

Kosasih, E., Kurniawan, E. (2019). 22 Jenis Teks & Strategi Pembelajarannya di SMA-MA/SMK. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Kridalaksana, H. (1983). Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia.

Moeliono, A. M., dkk. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Ramlan, M. (2005). Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis (Cetakan Kesembilan). Yogyakarta: CV. Karyono Offset Yogyakarta.

Regista, B., (2021), Konjungsi Subordinatif dalam Kumpulan Cerita Rakyat Belitung dan Kaitannya dengan Bahan Ajar Cerita Rakyat di SMA Kelas X, Skripsi. Universitas Ahmad Dahlan: Diterbitkan.

Suhardiman, B. (2018). K.H. Mustofa Kamil Sang Pendekar dari Kota Intan. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Suherli, dkk. (2017). Buku Guru Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suherli, M. S., (2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sukarto, K.A. (2017). Konjungsi Bahasa Indonesia: Suatu Tinjauan. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol. 3(1), 98-112. http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/view/331

Sutopo, H.B. (2002). Metodo;ogi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Tara, F., Nuraeni, N. (2021). Konjungsi Bahasa Indonesia dalam Majalah Daring Jendela Pendidikan dan Kebudayaan Edisi 45 Juli 2020. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 5(1), 53-63. http://aksara.unbari.ac.id/index.php/aksara/article/view/231

Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa; Pendekatan Struktural (2014th ed.). Padang: Sukabina Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i3.19687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats