Pengaruh Metode Pembelajaran Circuit Learning dan Penguasaan Diksi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi (Eksperimen Pada SMA Swasta Di Kabupaten Bekasi)
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran circuit learning dan pwnguasaan dikisi terhadap kemampuan menulis puisi. Pada penelitian ini akan memfokuskan seberapa pengaruhnya metede pembelajaran circuit learning berbantu media video animasi dan seberapa berpengaruhnya penguasaan diksi terhadap kemampuan menulis puisi. Merode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA AL Binaa IBS, SMA Bina Negara, dan SMA Tunas Bangsa di Kabupaten Bekasi. Sampel dalam penelitian inimenggunakan random samp;ong. Pengujian hipotesis dengan ANOVA 2 arah. Hasil penelitian menunujukan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran circuit learning berbantu media video animasi terhadap kemampuan menulis puisi, terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan diksi terhadap kemampuan menulis puisi, serta jikalau metode circuit learning berbantu media video animasi di terapkan kepada siswa yang mempunyai penguasaan diksi yang tinggi, maka metode circuit learning akan berpengaruh terhadap kemampuan menulis anak.
Full Text:
PDFReferences
Cheppy, R. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pres.
Dewi, L. (2019). Penerapan model circuit learning dalam pembelajara menganalisis unsur puisi. Vol 8 (2). 131-132.
Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Cet. 4. Jakarta: Rajawali Pers
Ernia.dkk. (2020). Efektivitas Model Circuit Learning Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Sekolah Dasar. Bandar Lampug: SKIP PGRI
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Keraf, G. (2007). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rambe, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Dan Penguasaan Diksi Terhadap Keterampilan Menulis Puisi. Vol 4 (2). 24-25. http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v4i1.18-29
Reskian, A. (2018). Analisis Penggunaan Diksi Pada Karanan Narasi Di Kelas X IPS II Sma Negeri 1 Palu. Vol III(2).9
Siddik, M. (2016). Dasar-Dasar Menulis. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.
Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Tarigan, H. G. (2008). MENULIS (sebagai suatu keterampilan berbahasa). Bandung: Penerbit Angkasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i2.19638
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|