Pengaruh Metode Pembelajaran Circuit Learning dan Penguasaan Diksi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi (Eksperimen Pada SMA Swasta Di Kabupaten Bekasi)

Agus Poerdianto(1*), Dendy Sugono(2), Oom Rohmah Syamsudin(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran circuit learning dan pwnguasaan dikisi terhadap kemampuan menulis puisi.  Pada penelitian ini akan memfokuskan seberapa pengaruhnya metede pembelajaran circuit learning berbantu media video animasi dan seberapa berpengaruhnya penguasaan diksi terhadap kemampuan menulis puisi. Merode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA AL Binaa IBS, SMA Bina Negara, dan SMA Tunas Bangsa di Kabupaten Bekasi. Sampel dalam penelitian inimenggunakan random samp;ong. Pengujian hipotesis dengan ANOVA 2  arah. Hasil penelitian menunujukan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran circuit learning berbantu media video animasi terhadap kemampuan menulis puisi, terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan diksi terhadap kemampuan menulis puisi, serta jikalau metode circuit learning berbantu media video animasi di terapkan kepada siswa yang mempunyai penguasaan diksi yang tinggi, maka metode circuit learning akan berpengaruh terhadap kemampuan menulis anak.


Full Text:

PDF

References


Cheppy, R. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pres.

Dewi, L. (2019). Penerapan model circuit learning dalam pembelajara menganalisis unsur puisi. Vol 8 (2). 131-132.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Cet. 4. Jakarta: Rajawali Pers

Ernia.dkk. (2020). Efektivitas Model Circuit Learning Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Sekolah Dasar. Bandar Lampug: SKIP PGRI

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keraf, G. (2007). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rambe, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Dan Penguasaan Diksi Terhadap Keterampilan Menulis Puisi. Vol 4 (2). 24-25. http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v4i1.18-29

Reskian, A. (2018). Analisis Penggunaan Diksi Pada Karanan Narasi Di Kelas X IPS II Sma Negeri 1 Palu. Vol III(2).9

Siddik, M. (2016). Dasar-Dasar Menulis. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.

Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Tarigan, H. G. (2008). MENULIS (sebagai suatu keterampilan berbahasa). Bandung: Penerbit Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i2.19638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats