Intervensi Pedagogik Guru terhadap Penyimpangan Afektif Peserta Didik Misinterpretasi Budaya Lokal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Lilis Lilis(1*), Yaya Sunarya(2)

(1) Indonesian education university
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Seorang guru harus memiliki kompetensi pedagogic, terlebih dalam mengatasi penyimpangan afektif peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bentuk penyimpangan afektif yang dilakukan oleh peserta didik, faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya penyimpangan afektif peserta didik, dan peran kompetensi pedagogic pendidik dalam mengatasi penyimpangan afektif peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kompetensi pedagogic pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini berjumlah 11 pendidik SMA sederajat di Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan, yakni Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa, dan Kota Makassar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket kuesioner untuk pendidik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mengklasifikasikan temuan dari kuesioner kemudian penarikan kesimpulan dari data yang telah didapatkan. Hasil dalam penelitian ini adalah ditemukan enam bentuk penyimpangan afektif peserta didik. Faktor yang mempengaruhi terjadinya penyimpangan afektif adalah misinterpretasi budaya lokal siri’ na pacce, faktor internal dan faktor eksternal. Peran pedagogic pendidik dapat dilihat dari beberapa indikator kompetensi pedagogic, yakni menguasai karakteristik peserta didik dari aspek moral, spiritual, social, kultural, emosional dan intelektual, berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dan menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Anthony, J. C. W., Saragih, T. P., & Sudirman, S. (2022). Kompetensi Profesional Guru dalam Teologi Paulus. MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 39–49. https://doi.org/10.55967/manthano.v1i1.8

Aizil Mamnun, Luh Putu Sendratari, I. K. M. (2020). Fenomena Membolos Sekolah Di Madrasah Aliyah At-Taufiq Sigaraja Sebagai Bentuk Perilaku Menyimpang dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sosiologi di SMA Oleh : Aizil Mamnun , Luh Putu Sendratari , I Ketut Margi Jurusan Pendidikan Sosiologi Universitas Pe. E-Journal Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ganesha, 2, 381–389.

Balqis, P., Usman, N., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 14(1), 25–38.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia (2005): Peraturan Pemenrintah Republik Indonesia Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta.

Habibullah, A. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru. Edukasi, 10(3).

Prasasti, S. (2017). Kenakalan remaja dan faktor penyebabnya. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 1(1).

Safitri, A., & Suharno, S. (2020). Budaya Siri’ Na Pacce dan Sipakatau dalam Interaksi Sosial Masyarakat Sulawesi Selatan. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 22(1), 102. https://doi.org/10.25077/jantro.v22.n1.p102-111.2020




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i2.17804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats