Pengembangan Media Audiovisual BEKU dengan Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition pada Teks Berita

Isma Rana Zein(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran BEKU pada materi teks berita kelas VIII dengan berbasis model pembelajaran auditory intellectually repetition dan mengetahui kelayakan media pembelajaran tersebut dan respons peserta didik terhadap media pembelajaran. Dalam prosesnya, penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development (RnD). Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara dan angket sebagai teknik pengumpulan data. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Tangerang Selatan. Hasil penelitian yaitu: 1) validasi ahli materi dengan persentase 91% dengan kategori sangat layak dan validasi ahli media dengan persentase 100% dengan kategori sangat layak 2) respons peserta didik secara keseluruhan memperoleh persentase 92,5% dengan kriteria sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran BEKU pada teks berita rakyat kelas VIII dengan berbasis model pembelajaran auditory intellectually repetition sangat layak digunakan dalam pembelajaran.Kata Kunci: Media Pembelajaran BEKU, Teks Berita, Auditory IntelectuallyRepetition 

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alan, U. F., dan Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran auditory intellectualy repetition dan problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67-78.

Alfarobby, M. I., & Parmin, M. (2012). Pengembangan Media Video Menulis Berita Berbasis Literasi Informasi Untuk Pembelajaran Menulis Teks Berita Bagi Siswa Kelas VIII SMP. Ejournal. Unesa. Ac. Id, 1-17.

Arwudarachman, D., Setiadarma, W., dan Marsudi. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Bentuk Peserta didik Kelas XI. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 03(03), 237–243.

Bonatua, D. S., Mulyono, D., dan Febriandi, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basiceduasicedu, 5(5), 3850–3857.

Cahdriyana, R. A. dan Richardo, R. 2016. Karakteristik Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP. Journal of Mathematics Education. Vol. 2, No. 2, Pp. 1-11.

Coughlin, S., Bahaadini, S., Rohani, N., Zevin, M., Patane, O., Harandi, M., ... dan Kalogera, V. (2019). Classifying the unknown: discovering novel gravitational-wave detector glitches using similarity learning. Physical Review D, 99(8), 082002.

Dewi, R. P., dan Setyaningrum, R. A. (2022). Menulis Kreatif Konteks Bahasa Indonesia (1st ed.). Sanata Dharma University Press.

Dewi, S., Nulhakim, L., dan Hendracipta, N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Materi IPA Kelas IV. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(1), 24–34.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Fachruddin, A. (2017). Dasar-dasar produksi televisi: Produksi berita, feature, laporan investigasi, dokumenter dan teknik editing. Kencana.

Fazrien, J. (2021). KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF DALAM TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMAN 1 BALAI RIAM. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 88-97.

Febrianti, E., Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif “SCRIBER” Untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 275-289.

Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio - Visual Powtoon tentang Konsep Diri dalam Bimbingan Kelompok untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.

Firdaus, W., dan Tamsin, A. C. (2019). Karakteristik Struktur Dan Kebahasaan Teks Berita Karya Siswa Kelas Viii Smp Negeri 12 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(4), 35-40.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, dan Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Hamidah, J. (2020). Implementasi Media Flash Card dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius pada Pembelajaran Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i1.751

Hayati, R., Mirunnisa, dan Junaidi. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta didik. Jurnal Real Riset, 4(2), 180–190.

Hidayat, F., dan Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–37.

Isa, W. N., Musril, H. A., dan Zahrati, W. (2022). Implementasi Teknologi Augemented Reality dalam Media Pembelajaran Berbasis Magic Book. Jurnal Jaringan Sistem Informasi Robotik (JSR), 6(1), 1–13.

Isnanto, D. (2016). Pengembangan lks berbasis pendekatan kontekstual materi kegiatan ekonomi di indonesia siswa kelas V SD. BASIC EDUCATION, 5(32), 3-015.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).

Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII.

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi media digital mahasiswa universitas muhammadiyah bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51-66.

Lestari, P. I., dan I Nengah Suastika. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual PPKn Muatan Persatuan dalam Keberagaman. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(1), 34–42.

Luthfiana, M., dan Wahyuni, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (Air) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(1), 50-57.

Mahardika, C., dan Siswoyo, A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Komponen Ekosistem (KOKOSIS) untuk Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 39–50.

Meilina, Fitria, Fadli Surahman, and Maya Sari. "Pengembangan media pembelajaran berbentuk miniatur rumah adat pada tema 7 untuk peserta didik kelas iv sdn 002 tebing kabupaten karimun." Jurnal Minda 2.1 (2020): 44-51.

Muhammad, H., Murtinugraha, R. E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada mata kuliah metodologi penelitian. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 54-60.

Nugrahani, B. O. A., & Winanto, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Tema 8 Praja Muda Karana Subtema 2 Aku Anak Mandiri untuk Meningkatkan Minat Belajar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4958-4963.

Nur, S. M. (2015). Pengembangan perangkat penilaian psikomotorik pada peserta didik. jurnal Biotek, 3(2), 151-169.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Zulfikar Adha, M., Ili, L., Purba, B., Chamidah, D., Kaunang, F. J., Jamaludin, dan Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Prasetya, C., Gani, A., & Sulastri, S. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam untuk meningkatkan literasi sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 34-41.

Pujiyanti, U., dan Sartika, Y. (2021). Karakteristik Media Pembelajaran Berbasis Gender. Jurnal Analisa Sosiologi, 10(1).

Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., Febrianty, Yanti, Simarmata, J., Chamidah, D., Purba, D. S., dan Purba, B. (2020). Pengantar Media Pembelajaran (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Rizaldy, D., Juhadi, dan Aji, A. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Website Geoeduvid terhadap Pengetahuan Spasial Geografi Peserta didik di SMA Walisongo Karangmalang. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia p–ISSN:, 7(7), 10117–10184.

Tuo, M. A. A., dan Ahmad, A. K. (2022). Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 1(2), 77-87.

Umar, U. (2017). Media pendidikan: Peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131-144.

Widyastuti, A., Panggabean, Su., Salamun, Kristianto, S., Rahmat, T., Purba, S., Khalik, M. F., Sari, M., Ritonga, M., Simarmata, J., Haruna, N. H., Recard, M., Meirista, E., dan Chamidah, D. (2022). Media dan Multimedia Pembelajaran (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Yuanta, F. (2017). Pengembangan Media Audio Visual Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar. IBRIEZ, 2(2), 59-70.

Zahwa, F. A., dan Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v6i1.17354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats