Pengembangan Media Monopoli Teks Fiksi (Montisi) untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV

Putri Dwiriza Agesti(1*), Kurniawati Kurniawati(2), Fully Rakhmayanti(3)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru
(2) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru
(3) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru
(*) Corresponding Author

Abstract


Kehadiran media menjadi hal yang penting untuk terciptanya pembelajaran yang aktif dan menarik bagi siswa. Namun, hal ini masih menjadi tugas besar yang harus diselesaikan. Guru masih melakukan pembelajaran secara konvensional, tanpa ada variasi atau kehadiran media di kelas. Penelitian ini dilakukan sebagai bentuk penghadiran dan pengembangan media pembelajaran, khususnya dalam subjek pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV. Penelitian ini dirancang dengan metode Design and Development (D&D) dengan model ADDIE untuk mengembangkan media pembelajaran monopoli teks fiksi (Montisi). Partisipan penelitian terdiri dari ahli media, ahli materi dan bahasa, 14 siswa kelas IV, dan seorang guru kelas IV SD Negeri 42 Tanjungpandan, Belitung. Berdasarkan angket validasi, penilaian dari ahli media sejumlah 93% (Sangat Baik). Penilaian dari ahli materi dan bahasa didapatkan skor 96% (Sangat Baik). Penilaian atau respons dari guru kelas IV sejumlah 96% (Sangat Baik) dan dari siswa kelas IV mendapatkan respons rata-rata Sangat Baik. Hasil observasi juga menunjukkan selama media Montisi digunakan siswa menjadi aktif, tertarik, dan antusias. Dengan adanya data tersebut, media pembelajaran Montisi untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks fiksi layak digunakan bagi siswa kelas IV SD Negeri 42 Tanjungpandan, Belitung.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus. (2021). Literasi bukan hanya baca dan tulis. PMPK Kemdikbud.

Mulyati, M. (2019). Menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam menumbuhkan peminatan anak usia dini terhadap pelajaran. Journal of Islamic Education, 1(2), 277-294. [Online]. Diakses dari https://jurnal.kopertais1.or.id/alim/article/view/150.

Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. (2010). Pembelajaran literasi mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V sekolah dasar. Paedagogia, 2, 115-128. [Online]. Diakses dari https://jurnal.uns.ac.id/paedagogia/article/view/36000.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat, 3(1), 171-187. [Online]. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf.

Richey, R., & Klein, J. (2007). Design and development research. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc. [Online]. Diakses dari https://books.google.co.id/books?id=kvkJBAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false.

Rockyane, I., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan adobe flash dalam pembelajaran menulis cerita siswa kelas IV SD. JPGSD, 6(5), 767-776. [Online]. Diakses dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/23736.

Rohman, M., & Susilo, P. (2019). Peran guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) studi kasus di TK Muslimat NU Maslakul Huda. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 173-177. [Online]. Diakses dari https://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/140.

Ross, W. (2019). Cerita rakyat populer 34 provinsi. Jakarta: Sarang Baca.

Santoso, M., ‘Ulum, M., & Blitar, D. (2015). Korelasi penggunaan media, disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS. Cendekia, 9(2), 149-158. [Online]. Diakses dari https://cendekia.soloclcs.org/index.php/cendekia/article/download/36/42/.

Subekti, A. (2016). Buku guru tema 8 daerah tempat tinggalku kelas IV (Buku tematik terpadu kurikulum 2013) Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Widyani, H. (2020). 60+ dongeng fabel sepanjang masa. Jakarta: PT Grasindo.

Zurhaida, Nurfitria, S., & Aeni, A. (2022). Pengembangan word scramble game tentang politik Islam sebagai media pembelajaran siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI), 2(6), 273-278. doi: https://doi.org/10.52436/1.jpti.181. [Online]. Diakses dari https://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/download/181/132.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v5i3.15604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats