Analisis Omission serta Perubahannya dalam Bahasa Minangkabau (Kajian Studi di Pasar Cipadu)

Nurul Sinta Dewi Mulyani(1*)

(1) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bahasa Minangkabau yang mengalami penghilangan (omission) serta perubahannya. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan kata-kata dalam bahasa Minangkabau. Sumber data dalam penelitian ini adalah seorang penutur yang berasal serta menguasai bahasa Minangkabau di Cipadu. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik pancing, wawancara, rekam, simak dan catat. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan beberapa kata yang mengalami omission berupa fonem pada bahasa Minangkabau serta omission yang kemudian dimodifikasi dengan diganti/ ditambahkan dengan menggunakan fonem lain. Berdasarkan tuturan narasumber, omission banyak terjadi pada fonem /a/ pada bahasa Minangkabau yang digantikan dengan fonem /o/ dan omission fonem /e/ digantikan dengan fonem /a/.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arizona, N., & Rusminto, N. E. (2016). Kesalahan penggunaan ejaan pada skripsi mahasiswa fakultas hukum unila dan implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 4(4).

Aswara, M. F., Arifin, E. Z., & Saragih, G. (2021). Kesalahan penggunaan taksonomi siasat permukaan dan ejaan dalam Happy Love Guide karya Jose Aditya. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(03), 240-249.

Julia Andresta, L., Indah, P., & Wahyu, I. (2021). Variasi bahasa acara kuliner Bikin Laper Trans TV dan Tanboy Kun Youtube edisi Maret 2020 (Doctoral dissertation, Universitas Maritim Raja Ali Haji).

Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada teks ilmiah mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 138-153.

Prasetya W, I. W., & Wuryaningrum, R. (2013). Analisis kesalahan berbahasa tuturan mahasiswa dalam seminar proposal skripsi mahasiswa.

Verhaar, J. W. M. (2010). Asas-asas linguistik umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ginting, L. S. D. Br. (2020). AKBI (Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Guepedia.

Taum, Y. Y., ?Edi, B. S., ? Amin, K. F., Marzuki, I., Rejo, U., Syahrul, N., … Nalenan, J. S. (2021). Wajah kemanusiaan dalam perspektif bahasa sastra dan pengajaran bahasa Indonesia. Klaten: Leiksha.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v5i3.15036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats