Pengaruh Penguasaan Bahasa Figuratif dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Meresepsi Cerita Pendek

Winda Sofidiniawati(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Hasbullah Hasbullah(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh penguasaan bahasa figuratif dan minat baca secara bersama-sama terhadap kemampuan meresepsi cerita pendek pada siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi, 2) Pengaruh penguasaan bahasa figuratif terhadap kemampuan meresepsi cerita pendek pada siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi, 3) Pengaruh minat baca terhadap kemampuan meresepsi cerita pendek pada siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 75 siswa dengan teknik simple random sampling. Model statistik yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menyimpulkan : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan bahasa figuratif dan minat baca secara bersama-sama terhadap kemampuan meresepsi cerita pendek pada siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 88,739; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan bahasa figuratif terhadap kemampuan meresepsi cerita pendek pada siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 6,184; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan meresepsi cerita pendek pada siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,021 < 0,05 dan thitung = 2,367.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al-Ma’ruf, A. I. (2009). Metode penelitian sastra: Sebuah pengantar. Hand Out Kuliah. Surakarta: FKIP-UMS.

Baldick, C. (2001). The concise oxford dictionery of liberty term. Oxford: Oxford Paperback Reference.

Keraf, G. (2006). Diksi dan gaya bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Kurniawan, H., & Sutadri. (2012). Penulisan sastra kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muslich, M. (2009). Melaksanakan PTK itu mudah (Classroom action research). Jakarta: Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, B. (2014). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Pradopo, R. D. (2009). Beberapa teori sastra, metode kritik, dan penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pradopo, R. D. (2013). Beberapa teori sastra, metode kritik, dan penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratnasari, Y. (2011). Menumbuhkan minat baca anak. Bandung: PT. Rineka Cipta.

Segers, R. T. (2000). Evaluasi teks sastra. (Terjemah Suminto A. Sayuti). Yogyakarta: Adicita.

Siswanto, W. (2008). Pengantar teori sastra. Jakarta: PT. Grasindo.

Suryaman, M. (2009). Buku panduan pendidik bahasa Indonesia SMP/MTS. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v5i3.14631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats