Substansi Paragraf Deskriptif dan Kalimat Majemuk dalam Novel Bocah Penghalau Kera
(1) Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang penggunaan dan manfaat paragraf deskriptif serta kalimat majemuk dalam penulisan novel Bocah Penghalau Kera karya Shintha Rosse Kamlet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Teknik pencatatan data menggunakan studi dokumentasi dengan teknik kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan menguraikan isi berdasarkan manfaat paragraf deskriptif serta kalimat majemuk dalam novel. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan paragraf deskriptif dengan pendekatan realistis dan impresionistis sebanyak 72 paragraf. Penggunaan kalimat majemuk dalam paragraf deskriptif sebanyak 46 kalimat. Simpulan penelitian ini secara substansi meliputi empat bagian berikut. (1) Paragraf deskriptif dalam penulisan novel Bocah Penghalau kera karya Shintha Rosse Kamlet menggunakan pendekatan realistis dan impresionistis. Kedua pendekatan itu dipilih agar pembaca mempunyai pengalaman realistis, rinci, dan asli seperti berhadapan langsung sehingga diperoleh kesan mendalam melalui interpretasi objek. (2) Paragraf deskriptif bermanfaat untuk menggambarkan tempat dan suasana cerita serta penggambaran tokoh. (3) Ada beberapa jenis kalimat majemuk yang digunakan dalam novel tersebut: setara, tidak setara, dan campuran. Penggunaan kalimat majemuk dimaksudkan agar pembaca memperoleh pemahaman tentang penggunaan jenis kalimat majemuk dalam penulisan novel. (4) Kalimat majemuk berperan untuk mengembangkan penulisan novel dan menjelaskan kalimat topik dalam paragraf sehingga terbangun paragraf yang utuh.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arifin, E. Z., & Tasai, S. A. (2010). Cermat berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Pressindo.
Aryati, A. (2018). Kemampuan menentukan jenis kalimat majemuk bahasa Indonesia dalam teks narasi siswa kelas VII SMPN Satu Atap Tompotanah Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar (Doctoral dissertation, FBS).
Eryanto. (2017). Keefektifan Metode Konstruktivisme dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X SMAN 1 Tanete Riaja Kabupaten Barru. Tesis. Universitas Negeri Makassar.
Finoza, L. (2018). Komposisi bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
Kamlet, S. R. (2021). Bocah penghalau kera. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Keraf, G. (2018). Eksposisi dan deskripsi. Flores: Nusa Indah.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Raco, J. R. (2010). Metode penelitian kualitatif jenis karakteristik dan keunggulannya. Jakarta: Grasindo.
Sriani, N. K., Sutama, I. M., & Darmayanti, I. A. M. (2015). Penerapan model pembelajaran experiential learning untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Tampaksiring. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).
Subroto, E. (2010). Pengantar metode penelitian linguistik structural. Surakarta: UNS Presss.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugono, D. dkk. (2001). Kalimat. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sukmadinata, N. S. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Wahyuningtyas, & Santoso. (2010). Pengantar apresiasi prosa. Surakarta: Yuma Pustaka
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v5i3.14554
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
|