Penggunaan Gaya Bahasa Simile dan Personifikasi serta Citraan pada Kumpulan Puisi dalam Novel Cinta, Kehidupan, dan Kematian: Kahlil Gibran Karya Mulasih Tary dan Yazid Attafsir

Misbah Priagung Nursalim(1*), Lasni Roha Pratiwi(2)

(1) Universitas Pamulang
(2) Universitas Pamulang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan majas simile dan personifikasi serta citraan dalam kumpulan puisi pada novel Cinta, Kehidupan, dan Kematian : Kahlil Gibran. Data penelitian berupa kalimat dalam kumpulan puisi yang di dalamnya mengandung dua gaya bahasa perbandingan yaitu simile dan personifikasi serta mengandung citraan dari kumpulan puisi yang ada dalam novel Cinta, Kehidupan, dan Kematian: Kahlil Gibran. Penelitian ini menggunakan teori Gorys Keraf dalam pembahasan majas dan teori Burhan Nurgiyantoro dalam pembahasan citraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif dengan metode deskriptif kualitatif guna menggambarkan penggunaan kata maupun kalimat yang disematkan pencipta dalam karyanya. Hasil penelitian menemukan: (1) Bentuk penggunaan majas simile dalam kumpulan puisi berjudul Kuil Bagi Jiwa, Nurani, Sia-Sia, Kehidupan, Air Mata Itu, Bebal, Mimpi, Angin, Racun Cinta, dan Keindahan, (2) Bentuk penggunaan majas personifikasi dalam kumpulan puisi Nurani, Kehidupan, Air Mata Itu, Angin, Kesunyian, Jiwaku Bersuara, dan Tentang Masa Muda, (3) Bentuk citraan visual, pendengaran (auditif), gerak (kinestetik), rabaan (taktil termal), dan penciuman (olfaktori).


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Fransori, A. (2017). Analisis Stil-istika pada Puisi Kepada Peminta- minta Karya Chairil Anwar. Jakarta, pp. 1-11.

Katrin, Y. (2019). Gaya Bahasan dan Citraan pada Kumpulan Puisi Bilang Begini Maksudnya Begitu Karya Sapardi Djoko Damono. Universitas Pamulang, pp. 1-13.

Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Khayya, R. (2018). Penggunaan Gaya Bahasa pada Kumpulan Puisi Gambar Kesunyian di Jendela Karya Shinta Febriany. Univer-sitas Pamulang.

Kurniawan, A. (2017). Gaya Bahasa dalam Meme Indonesia : Kajian Stilistika Sastra. Universitas Dipenogoro.

Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa : Tahapan, Strategi, Metode, dam Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Per-saja.

Mubarok, S. (2015). Penggunaan Gaya Bahasa Personifikasi dan Kata Khusus pada Kum-pulan Puisi Ketika Cinta Bicara Karya Kahlil Gibran. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Murdiana, Hudiyono, Y., & Hanum, I. S. (2020). Gaya Bahasa dalam Kumpulan Cerpen Lelucon Para Koruptor Karya Agus Noor : Suatu Kajian Stilistika. Universitas Mulawarman.

Nurgiyantoro, B. (2017). Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurmansyah, S. (2017). Kajian Stilistika pada Lirik Lagu Band Dialog Dini Hari Album Tentang Rumahku. Universitas Pamulang.

Ratna, N. K. (2009). Stilistika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setyorini, N. (2014). Aspek-Aspek Stilistika Novel Lalita Karya Ayu Utami. Universitas Muhammadiyah Purwerjo.

Siswono. (2014). Teori dan Praktik Diksi, Gaya Bahasa, dan Pencitraan. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuanti-tatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tary, M., & Attafsir, Y. (2020). Cinta, Ke-hidupan, Kematian: Kahlil Gibran. Yogyakarta: Checklist.

Wicaksono, A. (2014). Catatan Ringkas Stilistika. Yogyakarta: Garudhawaca.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v5i2.14282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre ScholarDimensionsGaruda IndeksONESEARCHBASE

  Pascasarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

 

Creative Commons License
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats