PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA

maman hermansyah(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Perhatian orang tua dan minat belajar daring secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep fisika SMA Negeri di Kabupaten Bekasi, (2) Pengaruh perhatian orang tua terhadap pemahaman konsep fisika SMA Negeri di Kabupaten Bekasi, (3) Pengaruh minat belajar terhadap pemahaman konsep fisika SMA Negeri di Kabupaten Bekasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa diambil secara sampling . Model statistik yang di gunakan adalah regresi linear berganda, hasil penelitian menunjukan dalam penelitian ini: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan minat belajar  secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep fisika SMA Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 40,667 2) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap pemahaman konsep fisika SMA Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,070. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap pemahaman konsep fisika SMA Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,592.

Keywords: Perhatian Orang Tua, Minat Belajar, Pemahaman Konsep Fisika

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.