Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Siswa terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika

Euis Sarini(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi
matematika dan kemandirian belajar siswa terhadap pemecahan masalah matematika, untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematika terhadap pemecahan masalah matematika, dan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap pemecahan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Sampel diambil sebanyak 120 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket secara langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti
mencari mean, median, modus, standar deviasi, dan statistika inferensial yaitu untuk mencari koefisien .Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruhyang signifikan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Swasta di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig= 0.000 < 0,05 dan Fhitung = 20,857.(2) Terdapat
pengaruh yang signifikan kemampuan komunikasi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Swasta di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig= 0.011 < 0,05 dan Thitung = 2,642. (3). Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Swasta di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig= 0.000 < 0,05 dan Thitung = 5,500.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.