Pengaruh Konsep Diri dan Kemampuan Pemecahan Masalah terhadap Prestasi Belajar Matematika Survei pada SMK Negeri di Jakarta Timur

Khadijah Nurul Hikmah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Konsep Diri dan Kemampun Pemecahan Masalah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Matematika. Mengetahui Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika. Selanjutnya untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah terhadap Prestasi Belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan jumlah responden 83 siswa dari seluruh siswa kelas XI SMK Negeri di Jakarta Timur. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1). Terdapat pengaruh yang signifikan Konsep Diri dan Kemampuan Pemecahan Masalah terhadap Prestasi Belajar Matematika siswa SMK Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig = 0,000 < 0,05, dan Fhitung = 110,564. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika siswa SMK Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig = 0,000 < 0,05 dan thitung. = 7,206. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan Kemampuan Pemecahan Masalah terhadap Prestasi Belajar Matematika siswa SMK Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung.= 6,921. Implikasi penelitian : 1). Konsep diri dan kemampuan pemecahan masalah merupakan faktor yang juga mempengaruhi siswa dalam meningkatkan prestasi belajar matematika. 2). Seorang guru dapat menciptakan suasana belajar di kelas dan dapat membentuk konsep diri siswa menjadi lebih baik seperti memberikan kesempatan siswa untuk maju mngerjakan soal di papan tulis sehingga prestasi belajar matematika dapat meningkat. 3). Seorang guru dapat menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah dengan cara memberikan latihan-latihan soal dari masalah matematika maupun masalah sehari-hari yang berhuungan dengan matematika sehingga prestasi belajar matematika dapat meningkat.

Full Text:

PDF

References


Asikin, M. (2012). Daspros pembelajaran Matematika I. Semarang: Universitas

Negeri Semarang.

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan

Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan

Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Universitas

Pendidikan Indonesia, 13 (2) , 1-10.

Ghufron, M. N & Risnawita,R. S. (2010). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: ARRuzz Media.

Hurlock, Elizabeth B. (2001). Perkembangan Anak, Jilid 2. Jakarta: Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.