Pengaruh Konsep Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengaruh Konsep Diri dan Kemandirian belajar terhadap penguasaan Konsep Matematika. Penelitian Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh langsung konsep diri dan kemandirian belajar terhadap penguasaan konsep matematika siswa kelas VIII SMP Swasta di kecamatan Kemiri Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Dengan populasi pada siswa SMP Swasta di kecamatan Kemiri Tangerang. teknik sampling yang digunakan yaitu Proporsional Cluster Random Sampling diperoleh sampel sebanyak 85 siswa. Teknik analisis jalur (Path Analysis) menggunakan program aplikasi SPSS. Hasil Penelitian membuktikan bahwa 1). Terdapat pengaruh langsung yang signifikan konsep diri terhadap penguasaan konsep matemtika. Hal ini dibuktikan dengan thitung =2,018 > ttabel = 1,9889. 2). Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kemandirian belajar terhadap penguasaan konsep matemtika. Hal ini dibuktikan dengan thitung =3,759 > ttabel = 1,9889. 3). Terdapat pengaruh langsung yang signifikan konsep diri terhadap kemandirian belajar. Hal ini dibuktikan dengan thitung =2,565 > ttabel = 1,9889. 4). Terdapat Pengaruh tidak langsung yang tidak signifikan konsep diri terhadap penguasaan konsep matematika melalui kemandirian belajar. Hal ini dibuktikan dengan thitung =20,9923 < ttabel = 1,9889. Kata Kunci: Konsep Diri, Kemandirian Belajar, Penguasaan Konsep Matematika
Full Text:
PDFReferences
Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peseta Didik. Bandung : PT. Remaja
Rosdakarya.
Hidayat,K., & Bashori, K. (2016). Psikologis Sosial. Jakarta : Erlangga.
Mudjiman, H. (2011). Manajemen Pelatihan Brbasis Belajar Mandiri.
Yogyakarta : Pustaka Prelajar.
Sobur, A. (2016). Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |