Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Komunikasi Matematika
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengaruh Model Pembelajaranterhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Komunikasi Matematika. Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi matematika. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri Kab Karawang dengan besar sampel sebanyak 62 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu cluster sampling. Teknik analisis jalur digunakan untuk analisis data dengan menggunakan Multivariate of Varians (MANOVA) dengan bantuan program aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian ini dapat dimanfatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika dan komunikasi matematika di tingkat SMA. Kata Kunci: model pembelajaran, kemampuan berpikir kreatif matematika, kemampuan komunikasi matematika.
Full Text:
PDFReferences
Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics
Education for Indonesian Student Teachers. Published Dissertation.
Enschede: University of Twente
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |