Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Komunikasi Matematika

Dadang Ismail Marjuki(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh Model Pembelajaranterhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Komunikasi Matematika. Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi matematika. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri Kab Karawang dengan besar sampel sebanyak 62 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu cluster sampling. Teknik analisis jalur digunakan untuk analisis data dengan menggunakan Multivariate of Varians (MANOVA) dengan bantuan program aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian ini dapat dimanfatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika dan komunikasi matematika di tingkat SMA. Kata Kunci: model pembelajaran, kemampuan berpikir kreatif matematika, kemampuan komunikasi matematika.

Full Text:

PDF

References


Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics

Education for Indonesian Student Teachers. Published Dissertation.

Enschede: University of Twente


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.