Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal

imam santoso(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah RNP (Repeat and Paymen) dengan Model Pengembangan Intruksional (MPI). Penelitian ini dilakukan di 3 sekolahan yaitu SDN Pantai Mekar 03 Bekasi Utara, SDN Pantai Mekar 02 Bekasi Utara, SDN Pantai Sederhana 01 bekasi Utara. Model penelitian yang digunakan untuk mengembangkan LKS ini adalah Model Pengembangan Intruksional. Produk ini diujicobakan kepada seorang ahli media, tiga orang ahli materi, seorang ahli bahasa dan evaluasi 1-3 peserta didik. Dari hasil ujicoba tersebut diperoleh rataTujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan LKS (Lembar Kerja Siswa) matematika -rata keseluruhan evaluasi formatif kelima ahli dengan 3,67 yang berarti kriteria baik. Hasil uji coba evaluasi formatif ahli media dengan nilai 3,8 yang berarti kriteria baik. Hasil uji coba evaluasi formatif ahli bahasa dengan nilai 3,4 yang berarti kriteria baik. Hasil uji coba evaluasi formatif ahli materi I dengan nilai 3,8 yang berarti kriteria baik. Hasil uji coba evaluasi formatif ahli materi II dengan nilai 3,6 yang berarti kriteria baik. Hasil uji coba evaluasi formatif ahli materi III dengan nilai 3,6 yang berarti kriteria baik. Dan Hasil uji coba evaluasi responden 1-3 dengan nilai 3,77 yang berarti kriteria baik. Dari semua hasil tersebut, LKS (Lembar Kerja Siswa) Matematika kelas IV berbasis kearifan lokal ini dikategorikan baik.

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.