KORELASI KEMAMPUAN SISWA DALAM BERINTERAKSI SELAMA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Effa Kusmiyantika Effa Kusmiyantika(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak : 

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengadakan pengamatan secara langsung bagaimana korelasi kemampuan siswa dalam berinteraksi selama kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan prestasi belajar matematikanya. Metode penelitian yang digunakan untuk mencari korelasi antara kemampuan siswa dalam berinteraksi selama KBM terhadap prestasi belajar matematika adalah metode deskriptif yang bersifat eksploratif bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena. Penelitian dilaksanakan di kelas 2 SMP Pasundan 6 Bandung. Sedangkan instrument yang digunakan adalah tes bentuk objektif dan pedoman observasi. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat korelasi antara interaksi siswa selama Kegiatan Belajar Mengajar terhadap prestasi belajar matematikanya. Korelasi disini berkategori sedang. Dengan terdapatnya korelasi antara siswa selama kegiatan belajar mengajar (KBM) terhadap prestasi belajar yang komunikatif baik interaksi dengan guru, maupun dengan teman sekelasnya selama kegiatan belajar mengajar berlangsung.

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (1997) Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieke Cipta.

Dahlan. (1990). Model-model Mengajar. Bandung: Diponegoro.

Dimyati dan Mudjiono. (1991). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieke Cipta.

Hasibuan J.J dan Mudjiono. (1985). Prosedur Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgana, E. (1993). Statistic Penelitian. Bandung: CV Permadi.

Sudjana, N. (1989). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

__________ (1989). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sulaeman, D (1984). Sumbangan Kecerdasan, Motif Berprestasi, Sikap Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akademik para SMU di Jawa Barat. Disertai PPS UPI Bandung.

Surakhmad, W. (1994). Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Usman, U. (1990). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.