PENGARUH KECERDASAN NUMERIK DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MATEMATIKA SMA NEGERI di JAKARTA SELATAN

DYAS AYU LUPITA(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) Pengaruh langsung kecerdasan numerik terhadap pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan. (2) Pengaruh langsung kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan. (3) Pengaruh langsung kecerdasan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan. (4) Pengaruh tidak langsung kecerdasan numerik melalui kemampuan berpikir kritis matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik survei deskriptif analisis. Teknik analisa yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis jalur. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 86 siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan numerik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan  thitung = 4,345 > ttabel =1,989. (2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kemampuan berpikir kritis matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05  dan thitung = 5,889 > ttabel =1,989. (3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05  dan thitung = 82,731 > ttabel =1,989. (4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kecerdasan numerik melalui kemampuan berpikir kritis matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung = 8,257  > ttabel =1,989. Implikasi hasil penelitian ini memberikan kontribusi yang berarti pada pengaruh numerik dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

 

Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Kecerdasan Numerik, dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Manajemen Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Mawaddah, Siti dan Hana Anisah. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2015, hal. 166 – 175 diakses dari

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=444169&val=9364&title tanggal 6 April 2019.

Prasetyo, Dwi Sunar. (2014). 100% Jitu Jawab Tes Gambar dan Angka. Jakarta: Laskar Aksara (Saufa).

Rois, Diane. (2007). Pengajaran Matematika Sesuai Cara Kerja Otak. Jakarta: Corwin Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.