PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Survei pada Siswa SMP Negeri di Bandar Lampung)

rober pasangka(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penggaruh Kecerdasan Intelektual dan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Survei Pada SMP Negeri di Bandar Lampung). Program Studi MIPA. Program Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Jakarta , xiii + 5 Bab + 90 Halaman + Lampiran                                                                                                                                                                                                                                          Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1). PengaruhKecerdasan Intelektual dan Emosional secara bersama-sama terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 2). Pengaruh Kecerdasan Intelektual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 3). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Sampel sebanyak 89 siswa yang diambil dengan teknik proposional dan simple random sampling dari siswa Kelas VIII SMP Negeri di Bandar Lampung. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket dan soal-soal latihan. Uji statistik dipergunakan uji F. Hasil penelitian menunjukan; 1). Terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan Intelektual dan Emosional secara bersama-sama terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa SMP Negeri di Bandar Lampungh. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.000 < 0.05 dan Fhitung = 100,848 . 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan Intelektual  terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa SMP Negeri di Bandar Lampung. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.000 < 0.05 dan thitung = 10,126 . 3). Terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SMP Negeri di Bandar Lampung. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.014 < 0.05 dan thitung = 2,514. Untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa SMP, guru haru melakukan upaya-upaya lain, selain peningkatan kecerdasan intelaktual dan emosional siswa.

Daftar Pustaka    :  35 buku (tahun 2000 sampai dengan tahun 2018)

Kata kunci : Kecerdasan Intelektual, Emosional, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Gardner, Howard. (2003). Multiple intellegences. Alih bahasa oleh Alexander Sindoro.Batam: Interaksa. Hal.4

Goleman, D. (2000). Emotional intellegence (Kecerdasaran intelektual). Jakarta: Gramedia pustaka umum. Hal.44

Goleman, D. (2002). Working with emotional intellegence (terjemahan). Jakarta: PT.Gramedia. Hal 44, 512, 515

Hermawan, D. (2005). Mencetak anak cerdas. Solo: Smart media. Hal. 33-34


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.