PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Survei pada Siswa SMP Negeri di Bandar Lampung)
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Penggaruh Kecerdasan Intelektual dan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Survei Pada SMP Negeri di Bandar Lampung). Program Studi MIPA. Program Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI Jakarta , xiii + 5 Bab + 90 Halaman + Lampiran Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1). PengaruhKecerdasan Intelektual dan Emosional secara bersama-sama terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 2). Pengaruh Kecerdasan Intelektual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 3). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Sampel sebanyak 89 siswa yang diambil dengan teknik proposional dan simple random sampling dari siswa Kelas VIII SMP Negeri di Bandar Lampung. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket dan soal-soal latihan. Uji statistik dipergunakan uji F. Hasil penelitian menunjukan; 1). Terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan Intelektual dan Emosional secara bersama-sama terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa SMP Negeri di Bandar Lampungh. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.000 < 0.05 dan Fhitung = 100,848 . 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan Intelektual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa SMP Negeri di Bandar Lampung. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.000 < 0.05 dan thitung = 10,126 . 3). Terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SMP Negeri di Bandar Lampung. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.014 < 0.05 dan thitung = 2,514. Untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa SMP, guru haru melakukan upaya-upaya lain, selain peningkatan kecerdasan intelaktual dan emosional siswa.
Daftar Pustaka : 35 buku (tahun 2000 sampai dengan tahun 2018)
Kata kunci : Kecerdasan Intelektual, Emosional, Kemampuan Pemecahan MasalahFull Text:
PDF (Indonesian)References
Gardner, Howard. (2003). Multiple intellegences. Alih bahasa oleh Alexander Sindoro.Batam: Interaksa. Hal.4
Goleman, D. (2000). Emotional intellegence (Kecerdasaran intelektual). Jakarta: Gramedia pustaka umum. Hal.44
Goleman, D. (2002). Working with emotional intellegence (terjemahan). Jakarta: PT.Gramedia. Hal 44, 512, 515
Hermawan, D. (2005). Mencetak anak cerdas. Solo: Smart media. Hal. 33-34
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Googlre Scholar](https://i.imgur.com/9MeH07E.png)
![Academic Search](https://i.imgur.com/Btk6jDo.jpg)
![PKP Index](https://i.imgur.com/EtDpoDM.jpg)
![ROAD ISSN](https://i.imgur.com/At9YNHg.png)
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |