PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (Survei pada SMP Negeri di Kab.Bekasi)
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian bertujuan menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh Perhatian Orang tua dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Hipotesis penelitian yang diuji mliputi: 1) Pengaruh Perhatian Orang tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep matematika. 2) Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematika. 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematika.. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri di kecamatan cikarang selatan dengan besar sampel sebanyak 80 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu sampel random sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan dengan teknik statistika analisis regresi ganda. Hasil penelitian menyimpulkan : 1) Terdapat pengaruh yang signifiikan perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri di Cikarang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 113,09. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri di Kecamatan Cikarang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,005 < 0,05 dan thitung = 2,905. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri di Kecamatan Cikarang selatan . Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,898.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi.Abu & Supriyono Widodo. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ali.Mohamad & Ansori. (2012). Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta Bumi Aksara.
Arifin, Jos. 2001. Metode vs Konsep. Diakses 15 Oktober 2019 dari http://www.bpkpenabur.or.id/kps/jkt/benta/200-107/konsep.pdf
Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arikunto.Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Baharuddin. (2009). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: ArRuzz Media
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Djaali dan Muljono. Muljono, 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, (Jakarta: Grasindo)
Djamarah & Zain. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah.Uno, Koni, Satria. 2013. Assessment Pembelajaran. Jakarta Bumi Aksara
Hudojo, Herman, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, (Malang: Universitas Negeri Malang Press, 2005).
Hudojo. Herman Strategi Mengajar Belajar Matematika, (Malang: IKIP Malang)
Idris.Harta. ( 2006). Matematika Bermakna. Surakarta: Mediatama
Moh.Uzer Usman dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad.Fathurrohman (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Muhibbin Syah.2011.Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Nyoman Kutha.Ratna. (2011). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra dari Strkturalisme Hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Oemar.Hamalik. (2009). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Oemar.Hamalik.(2005). Pengembangan Sumber Daya Manusia (Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan ) Pendekatan Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Reys, ( 1984.) Dasar-Dasar Matematika. Jakarta: Bumi Aksara
Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Riduwan.Akdon (2007). Rumusdan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta
Runtukahu, Tombokan dan Selpius Kandou. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Safari, MA, 2005, Teknik Analisis Butir soal instrumen tes dan non tes Jakarta: APSI
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. A.M (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press
Sardiman.A.M (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sasmoko (2004). Metode Penelitian. Jakarta: UKI Press
Sudijono. Anas(2007). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada Raju
Sudjana.2005. Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung : Tarsito
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung: Refika Aditama.
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung: Refika Aditama.
Suharsimi. Arikunto1988. Pengelolan Kelas dan Siswa.CV Rajawali.Jakarta
Suharsimi.Arikunto. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suherman, Erman, dkk.(2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.
Sujono. Agus; (2001), Pengembangan Tehnik Terapi Nyeri Dengan Modalitas Thermal, Pelatihan Penatalaksanaan Fisioterapi Komprehensif pada Nyeri, Surakarta
Sukardi.2008.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Sukmadinata.Syaodih.Nana (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT remaja Rosdakarya.
Suryabrata.Sumadi (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Uno.B.Hamzah (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Uno.B.Hamzah (2013).Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara. Halaman 62
Zainal.Aqid (2010). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Googlre Scholar](https://i.imgur.com/9MeH07E.png)
![Academic Search](https://i.imgur.com/Btk6jDo.jpg)
![PKP Index](https://i.imgur.com/EtDpoDM.jpg)
![ROAD ISSN](https://i.imgur.com/At9YNHg.png)
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |